2.2.11

Kami MANGROVER, Kami KeSEMaTER!

Pasar Banggi – KeSEMaTBLOG. Akhirnya, tahapan KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2011 yang sangat melelahkan, berakhir juga. Kurang lebih sepuluh tahapan KHKT 2011 dalam kurun waktu satu bulan, yang wajib ditempuh oleh 25 Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) Angkatan XI, kini telah berhasil terlewati dengan baik. Beragam informasi, pengetahuan dan pembekalan mengenai mangrove, organisasi, kebijakan, sopan santun, tata tertib, peraturan, branding, reward and punishment dan berbagai materi penting lainnya seputar mangrove dan KeSEMaT, telah diberikan secara percuma oleh para KeSEMaTER kepada para CAMaT Angkatan XI yang sampai dengan artikel ini ditulis telah berubah “statusnya” menjadi KeSEMaTER Angkatan XI.

Kegembiraan, keceriaan dan rasa bangga telah menjadi KeSEMaTER, nampak jelas terlihat di wajah mereka, seolah menyiratkan semangat perjuangan dalam melawan ketidakadilan yang telah lama diderita oleh mangrove dan masyarakat pesisir Indonesia dan dunia.

Hari itu, 30 Januari 2011, ditengah teriknya matahari pesisir pantai Pasar Banggi Rembang, disaksikan trilyunan flora dan fauna mangrove, sang Maestro Mangrove dari Rembang dan para pejuang mangrove IKAMaT, para KeSEMaTER X dan XI, telah mengucap sumpah dan janji setianya, untuk sekuat tenaga bekerja penuh tanggung jawab guna memperjuangkan nasib mangrove dan masyarakat pesisir bumi, yang masih saja belum optimal dalam memperoleh hak-hak hidupnya. Penderitaan demi penderitaan yang dialami oleh mereka, seolah tak pernah lepas melilit setiap detik kehidupannya.


Namun, hari itu, 25 CAMaT yang telah resmi menjadi KeSEMaTER dan bermetamorfosa menjadi MANGROVER, telah siap berdiri di posisi paling depan, untuk melawan dan menjaga mangrove dan masyarakatnya dari kepungan oknum-oknum tak bertanggung jawab yang terus menerus merusak habitat dan kehidupan mangrove. Kami ini para Pejuang Mangrove! Kami MANGROVER, Kami KeSEMaTER! Semangat MANGROVER!