16.2.11

Reportase Kiprah KeSEMaT di Forum International Training Workshop on Wetlands Management Planning for Indonesian Professional UNESCO PBB

Tajur – KeSEMaTONLINE. Pada tanggal 14 – 15 Februari 2011, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Sapto Pamungkas, S. Kel. (Programme Campaigner) dan Sdri. Fera Nur Idawati Sahara (MENSEK) telah melewati dua hari dari enam hari yang dijadwalkan, dalam Forum International Training Workshop on Wetlands Management Planning for Indonesian Professional yang diinisiasi oleh UNESCO - PBB. Workshop lingkungan-internasional yang diorganisir oleh salah satu divisi UNESCO, yaitu Institute for Water Education (IHE) ini, diikuti oleh puluhan peserta dari dalam dan luar negeri di BIOTROP Training and Information Centre, Jl. Raya Tajur, Km. 6, Bogor, Jawa Barat.

Workshop dibuka pada tanggal 14 Februari 2011, tepat pada pukul 09.00 WIB, yang dimulai dengan sambutan-sambutan, antara lain dari Dr. Bambang Purwantara (Director SEAMEO BIOTROP), Peter de Vries (Royal Netherland Embassy), Hubert Gijzen (Director, UNESCO Office Jakarta) dan Edwin Hes (UNESCO-IHE). Selanjutnya, pemaparan materi dibawakan oleh Ms. Indra Azron and Mr. Edwin Hes, yang memperkenalkan mengenai program SWITCH, yaitu sebuah program pengolahan air “limbah”, yang telah dilaksanakan di Asia, Afrika, Amerika dan bahkan dunia.

Selesai makan siang, acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan. Dalam kesempatan ini, para KeSEMaTER, yaitu Bapak Sapto Pamungkas dan Sdri. Fera Nur Idawati Sahara, telah mempresentasikan mengenai program dan proyek mangrove yang telah dilaksanakan di area kerjanya. Acara dilanjutkan dengan presentasi tentang Management Planning, Mangrove Conservation di Muara Angke dan di Sungai Brantas, masing-masing oleh Mr. Edwin Hes, Mr. Marman dan Mr. Prigi Arisandi. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan persiapan field trip ke Muara Angke.

Pada tanggal 15 Februari 2011, workshop dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Muara Angke. Rombongan berangkat menggunakan bus pariwisata dan mencoba mempraktekkan metode PRA. Malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi dan briefing untuk kegiatan besok pagi. Workshop ini akan diselenggarakan sampai dengan lima hari ke depan, sampai dengan tanggal 19 Februari 2011.