13.8.17

Pendaftaran Mangrove Merdeka 2017: Upacara di Lumpur Mangrove Telah Dibuka

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dalam rangka turut memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-72, KeSEMaT kembali menyelenggarakan program tahunannya, yaitu Mangrove Merdeka (MMK) 2017 yang kali ini mengangkat tema Dirgahayu Negeriku, Lestari Mangroveku.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, implementasi MMK berupa pelaksanaan Upacara di Lumpur Mangrove yang kali ini akan dilaksanakan di kawasan Semarang Mangrove Center (SMC), Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis biota tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa Tengah berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Menurut data Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, hutan mangrove Kota Semarang, yang rusak atau hilang mencapai 11 ha dari total luasan hutan mangrove 36,51 ha.

Semarang merupakan ibukota provinsi dari Jawa Tengah, yang beberapa tahun terakhir ini mengalami masalah lingkungan yang cukup berat, salah contohnya adalah rob. Dengan kasus yang terjadi ini, bukan tidak mungkin rob yang terjadi di wilayah Semarang akan bertambah semakin parah.

Sayangnya, belum banyak masyarakat yang mengerti akan dampak dan bahaya yang ditimbulkan dari hal tersebut. Rob dapat menyebabkan air laut menggenangi rumah warga yang berada di sekitar wilayah pantai.

Ditambah lagi dengan kerusakan mangrove di wilayah Semarang, maka akan memperluas dampak dari rob tersebut. Karena itu, dibutuhkan adanya rasa kepedulian dari masyarakat untuk bersama-sama menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta mangrove.

Memperhatikan kondisi tersebut di atas, maka KeSEMaT berinisiatif menyelenggarakan program MMK dengan tema “Dirgahayu Negeriku, Lestari Mangroveku,” yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72.

Program ini berisikan kegiatan upacara bendera di lumpur yang akan dilakukan Semarang, Jakarta dan berbagai kota di Indonesia dalam jaringan KeSEMaT.

Kegiatan upacara bendera juga akan diiikuti oleh KeMANGTEER dan masyarakat umum pada masing-masing kota.

Kegiatan MMK merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh KeSEMaT bersama dengan Yayasan IKAMaT, CV KeMANGI, KeMANGTEER dan afiliasi mangrove lainnya. 

TUJUAN UMUM
Melakukan kegiatan upacara bendera di lumpur mangrove dalam rangka memperingati HUT RI ke-72.

TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan rasa cinta tanah air atas kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah dicapai tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945.
2. Mewujudkan semangat kepahlawanan yang tumbuh dari pengorbanan para pahlawan pada masa kemerdekaan.
3. Meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan jiwa konservasi masyarakat umum akan pentingnya ekosistem mangrove, khususnya kepada masyarakat di seluruh Indonesia.
4. Membantu program penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah. 

DESKRIPSI KEGIATAN 
Pada tahun ini, MMK memiliki konsep yang berbeda, jika pada tahun yang lalu peserta kegiatan upacara hanya diikuti oleh afiliasi KeSEMaT saja, namun pada tahun ini mahasiswa dan masyarakat umum dapat berpartisipasi.

Kegiatan akan diawali dengan berkumpulnya peserta di GSG Undip untuk diberikan pengarahan mengenai teknis acara. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke lokasi upacara di Desa Mangunharjo, Semarang dengan perkiraan waktu 45 menit.

Peserta akan mempersiapkan diri dan melakukan gladi bersih sebelum upacara dimulai. Upacara bendera dalam memperingati HUT RI ke-72 ini akan dilaksanakan secara khidmat.

Setelah upacara selesai, kegiatan MMK ditutup dengan penanaman 72 bibit mangrove, sesi foto bersama, bersih diri dan pembagian snack kepada peserta. Selanjutnya peserta diperbolehkan untuk pulang.

TEKNIS ACARA
Upacara bendera ini dilakukan dengan teknis sebagai berikut, yaitu:
1. Peserta MMK adalah untuk mahasiswa dan masyarakat umum, dibagi menjadi dua, yaitu Petugas Upacara dan Peserta Upacara.
2. Petugas Upacara terdiri dari 10 orang, yaitu 1 orang Pembina Upacara, 1 orang Pemimpin Upacara, 1 orang Pembawa Acara, 3 orang Pengibar Bendera, 1 orang Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, 1 orang Pembaca Teks Proklamasi dan Teks Pancasila, 1 orang Pembaca Doa dan 1 orang Dirijen Upacara.
3. Tiang bendera didirikan dari bambu yang dikondisikan pada lokasi upacara.
4. Pengibaran bendera tidak diperbolehkan untuk mengenai lumpur atau air (kotor).
5. Persyaratan Peserta Upacara:
a. Peserta Upacara terdiri dari afiliasi KeSEMaT, mahasiswa dan masyarakat umum.
b. Peserta Upacara mengenakan pakaian lapangan (dihimbau untuk membawa pakaian ganti) dan menggunakan topi lapangan.
c. Bagi peserta yang ingin ikut berpartisipasi diwajibkan untuk mendaftar dengan cara SMS: MANGROVER_NAMA LENGKAP_INSTANSI yang dikirimkan ke Contact Person masing-masing kota. Contoh: MANGROVER_ANNISA_KeSEMaT
d. Khusus untuk pelaksanaan upacara MMK di Kota Semarang, silakan kirim SMS Anda ke +6289 5390 8831 99 (Syair) maksimal tanggal 16 Agustus 2017 pukul 24.00 WIB. Upacara akan dilaksanakan di SMC, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.
e. Biaya pendaftaran gratis, atau tidak dipungut biaya apapun.
f. Peserta Upacara dihimbau untuk membawa alat transportasi pribadi (motor/mobil).
g. Bagi peserta di luar Kota Semarang, dipersilakan menghubungi KeMANGTEER di kota regional masing-masing.

SUSUNAN ACARA*
17 Agustus 2017
Upacara Bendera di Lumpur Mangrove
06.00 – 06.30  Peserta Berkumpul di GSG Undip
06.30 – 06.45  Briefing Peserta
06.45 – 08.00  Peserta Berangkat Menuju Lokasi Upacara
08.00 – 08.30  Registrasi
08.30 – 09.00  Persiapan Upacara dan Gladi Bersih
09.00 – 09.30  Upacara Bendera
09.30 – 10.00  Penanaman 72 Bibit Mangrove
10.00 – 10.30  Bersih Diri
10.30 – 10.45  Penutup dan Foto Bersama
10.45 - selesai Peserta dan Panitia Pulang

*) Susunan acara disusun secara tentative

KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MMK 2017 bisa ditujukan kepada:

Sdri. Ijabatus Syairoh
Staf Menteri Aset dan Inventarisasi

HP. +6289 5390 8831 99
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

PENUTUP
Demikian press release ini dibuat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian ekosistem mangrove.

Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (ADM).

No comments:

Post a Comment