16.8.20

KeSEMaT Pembicara Webinar Keanekaragaman Hayati Laut

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali didaulat menjadi pembicara. Kali ini, dalam acara Webinar Keanekaragaman Hayati Laut yang diselenggarakan oleh Marine Diving Club (MDC), salah satu organisasi mahasiswa di Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. (14/6/2020).

Bersama dengan pembicara lainnya, yang mewakili bidang keilmuan terumbu karang, lamun dan keanekaragaman hayati laut, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Paspha G. M. P. (Presiden) dan Sdri. Baeti Karomatul Hidayah (MENDIKTAN). Webinar berlangsung secara daring, yang diikuti oleh dosen, dinas, alumni dan mahasiswa. 

Presiden membuka pemaparannya dengan menjelaskan mengenai mangrove secara luas, mulai dari pengertian, adaptasi, jenis, fungsi hingga pemanfaatannya dari sisi ekonomi. 

"Selanjutnya, materi diteruskan oleh Mbak Hida, selaku MENDIKTAN, yang menambahkan fakta-fakta menarik seputar ekosistem mangrove, dan juga memaparkan data keanekaragaman jenis mangrove di Indonesia," jelas Presiden. "MENDIKTAN juga menerangkan potensi blue carbon di mangrove," tambahnya. 

Selain itu, KeSEMaT juga menjelaskan mengenai teknik analisis data vegetasi mangrove di lapangan. Tak lupa, Presiden dan MENDIKTAN juga membagikan pengalaman mangrovingnya yang diselaraskan dengan teori yang ada. 

“Terkadang apa yang terjadi di lapangan tidak sesuai dengan teori. Jadi, saat mangroving, kita juga harus cepat tanggap dengan situasi yang ada, dan segera menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi,” pungkasnya. (ADM/BKH).

No comments:

Post a Comment