12.8.20

Reportase Kemeriahan KeSEMaTINAUGURATION 2020: Pelantikan Kabinet KeSEMaT Danadyaksa Adhigana

Semarang - KeSEMaTBLOG. “Telah diadakan acara perdana KeSEMaT, pada pertengahan tahun 2020 oleh Kabinet KeSEMaT Danadyaksa Adhigana, yaitu KeSEMaTINAUGURATION (KI) 2020. Kegiatan ini berbeda dengan KI pada tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pelaksanaannya dilakukan secara daring. KI merupakan acara Syukuran dan Pelantikan KeSEMaT Danadyaksa Adhigana 2019/2020,” ungkap Sdr. Ghifar Naufal Aslam (Staf MENPORSI), selaku Ketua Pelaksana KI 2020.

KI tahun ini bertemakan Mangrove Marvelous dengan jargon We are Incredible because We are Unusual. Acara ini dilakukan secara daring pada tanggal 15 Juli 2020, yang dimulai pada pukul 13.00 WIB melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings

“KI 2020 dilakukan setelah Anggota Baru KeSEMaT (ABK) melalui tahapan Open Recruitment ABK pada program KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2020,” ungkap Sdr. Gagas Tri Pamungkas (MENPORSI). “Anggota yang telah dilantik dalam KI 2020 akan menempati jabatan sebagai Presiden, Menteri, Staf Ahli dan Staf Menteri," jelasnya lebih lanjut.

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Pembimbing KeSEMaT, yaitu Dr. Rudhi Pribadi. Kabinet KeSEMaT Danadyaksa Adhigana resmi diisi oleh 27 KeSEMaTER, yang terdiri dari angkatan XIX dan XX,” ujar Sdr. Paspha G. M. P. (Presiden).

Acara yang dihadiri oleh alumni, warga binaan, relawan, afiliasi, mitra kerja, kolega dan tamu undangan lainnya ini, diawali dengan registrasi.

Registrasi dan Pemutaran Video
Setelah registrasi, acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC). Acara pembukaan berlangsung dengan lancar, yang diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KeSEMaT.

“Meskipun dilakukan secara daring, pelaksanaan pembukaan berlangsung dengan khidmat dan lancar,” ujar Sdr. Frendy Marselino (Staf MENKOMSI), selaku MC KI.

Acara dilanjutkan dengan Pemutaran Video Persembahan ABK. Video persembahan yang ditampilkan berupa musikalisasi puisi.

“Musikalisasi puisi ini, mengisahkan perjalanan hidup mangrove yang dibabat habis oleh oknum manusia, yang pada akhirnya, manusia juga yang akan menerima keburukan dari ulahnya tersebut," jelas Sdr. Ghifar. "Musikalisasi puisi ini, juga kami buat dengan tujuan untuk mengkampanyekan mangrove,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan dimulai dari Ketua Pelaksana, Presiden KeSEMaT, Pembimbing KeSEMaT dan yang terakhir adalah perwakilan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautam (FPIK), Universitas Diponegoro (UNDIP).

Sdr. Ghifar menjelaskan bahwa "Mangrove Marvelous" mempunyai arti Mangrove yang Hebat, dengan harapan bahwa KeSEMaTER akan menjadi pribadi hebat yang dapat menghadapi segala rintangan dan tantangan.

Acara dilanjutkan dengan Pemutaran Video KHKT 2020, yang menyajikan kisah perjalanan ABK pada saat mengikuti seleksi KHKT 2020.

“Video ini ditampilkan agar ABK dapat mengenang perjuangan mereka untuk menjadi bagian dari KeSEMaT, sehingga akan menumbuhkan rasa cinta kepada KeSEMaT,” ungkap MENPORSI.

Pembacaan Janji KeSEMaTER
Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Janji KeSEMaTER. Pembacaan Janji KeSEMaTER diawali oleh Dr. Rudhi Pribadi yang diikuti secara serempak oleh seluruh Kabinet Danadyaksa Adhigana.

Pembacaan Janji KeSEMaTER ini merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dijalankan satu periode kepengurusan ke depan.

"Pembacaan Janji KeSEMaTER adalah simbol telah dilantiknya ABK. Sekarang, mereka sudah resmi menjadi bagian dari Keluarga Besar KeSEMaT,” kata Presiden.

Dewan Kehormatan (DK) Baru
Acara berikutnya adalah Pengumuman DK KeSEMaT yang baru. Sdr. Ganis Riyan Efendi mendapatkan gelar tersebut, mengingat kiprah dan jasanya yang sangat besar terhadap pengembangan KeSEMaT. 

“Sdr. Ganis berdedikasi besar terhadap KeSEMaT, sehingga kami sepakat untuk menjadikan beliau sebagai DK,” terang MENPORSI.

Penyerahan Buku Tahunan KeSEMaT adalah acara selanjutnya, yang diserahkan oleh Sdr. Ilham Kuncahyo (DP) kepada Dr. Rudhi Pribadi, yang kemudian diserahkan kepada Sdr. Paspha.

“Ini adalah simbolisasi penyerahan jabatan, demi keberlanjutan KeSEMaT,” kata DP. 

Dumatra Dumatri dan MIL The Series (MILTS)
Acara dilanjutkan dengan Pengumuman Dumatra dan Dumatri 2020 dan Pemutaran MILTS. Dumatra dan Dumatri 2020 diraih oleh Sdr. Ghifar dan Sdri. Tasya Putri Arinda (Staf MENSEK).

"Saya berharap, dengan terpilihnya Dumatra dan Dumatri 2020, semoga keduanya dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, sehingga mampu membawa nama KeSEMaT lebih baik lagi, kedepannya,” pesan Presiden. 

Pemutaran MILTS adalah acara berikutnya. MILTS merupakan video kampanye mangrove berdurasi pendek, yang bertujuan untuk mengkampanyekan mangrove dengan gaya anak muda kekinian," jelas DK, selaku inisiator MILTS.

Pemotongan Tumpeng
Pemotongan tumpeng dilakukan sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselenggaranya KHKT 2020 dan KI 2020.

“Tumpeng ini memiliki filosofi penting, sebagai sebuah tanda bahwa Kabinet Danadyaksa Adhigana akan dapat menjalankan tugas dengan amanah, tanggung jawab dan tidak mudah putus asa,” jelas Pembimbing.

Acara dilanjutkan dengan Kesan dan Pesan Mitra Kerja KeSEMaT. Bpk. Budi Santoso (BKSDA Jawa Tengah) menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang dapat bekerja sama dengan KeSEMaT, karena KeSEMaT merupakan organisasi mangrove berbasis mahasiswa, yang dapat dijadikan contoh oleh para generasi penerus bangsa lainnya, agar dapat berkiprah dan berkarya untuk lingkungan, seperti KeSEMaT.

Alhamdulillah, KI 2020 berjalan sukses dan lancar. Jarak bukanlah pemisah untuk menjalin tali silaturahmi," kata Presiden. "Harapan saya, mudah-mudahan di tahun ini, kita dapat lebih optimal lagi dalam bekerja dan berkarya demi masa depan hutan mangrove Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya. (ADM/AP/ADBS/FAN).

No comments:

Post a Comment