12.3.23

Press Release KeSEMaT Goes To School 2023: Pengajaran dan Lomba Puisi Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada masyarakat bahwa KeSEMaT Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bekerja sama dengan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 21 Semarang akan menyelenggarakan program KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2023: Pengajaran dan Lomba Puisi Mangrove bertema Mangrove Hebat: Tumbuhan Pesisir Seribu Manfaat. Rekan-rekan pers dan media yang ingin meliput kegiatan ini, dapat mencermati press release, di bawah ini:

JUDUL KEGIATAN
KGTS 2023: Pengajaran dan Lomba Puisi Mangrove

TEMA KEGIATAN
Mangrove Hebat: Tumbuhan Pesisir Seribu Manfaat.

LATAR BELAKANG
Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas yang terdapat di daerah pantai tropis. Hutan mangrove mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah dalam hal nilai ekonomis serta fungsi ekologisnya. Fungsi hutan mangrove yang paling utama adalah sebagai pencegah abrasi, pencegah intrusi air laut, tempat perkembangbiakan flora dan fauna sehingga hutan mangrove senantiasa harus selalu dijaga kelestariannya.

Pengelolaan hutan mangrove sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keutuhan hutan mangrove. Rehabilitasi kawasan hutan mangrove yang sudah rusak untuk memperbaiki kualitas suatu kawasan pesisir dapat dilakukan dengan cara menanam vegetasi mangrove di kawasan tersebut.

Diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kapasitas serta keterampilan yang siap pakai untuk melaksanakan hal tersebut. Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki berbagai macam manfaat, baik dari segi ekonomis, ekologis dan fisik.

Salah satu manfaat mangrove yang berdampak bagi masyarakat pesisir adalah manfaat mangrove di bidang ekonomis. Buah mangrove atau yang biasa disebut dengan propagul mangrove dapat digunakan untuk membuat aneka macam produk olahan. Produk olahan tersebut dapat berupa stik, cendol, kerupuk mangrove dan lain sebagainya, bahkan limbah propagul tersebut dapat diubah menjadi bahan untuk pewarna alami batik.

Selain manfaat ekonomis, mangrove juga memiliki manfaat dari segi fisik dan ekologis. Mangrove dapat digunakan sebagai pemecah-gelombang alami untuk mencegah abrasi pantai dan sediment trap alami yang dapat memperluas pantai. Selain itu, mangrove juga banyak digunakan oleh biota-biota laut maupun darat sebagai tempat tinggal, mencari makan, bahkan pemijahan.

KGTS tahun ini mengangkat tema, yaitu Mangrove Hebat: Tumbuhan Pesisir Seribu Manfaat.

Kegiatan yang akan diusung pada KGTS 2023 ini akan memperkenalkan mengenai tumbuhan mangrove dan penjabaran manfaat tumbuhan tersebut untuk kehidupan di bumi. Selain itu, juga akan diadakan Lomba Cipta Puisi Mangrove yang mengacu pada tema “Mangrove Tumbuhan Seribu Manfaat.”

Dengan adanya kegiatan ini, maka diharapkan anak-anak akan dapat memahami ekosistem mangrove beserta fungsi dan manfaatnya, serta dapat lebih menghargai dan menjaga ekosistem mangrove yang terdapat di sekitarnya.

Atas dasar pemikiran tersebut di atas, maka KeSEMaT mengadakan suatu kegiatan yang dinamakan KGTS 2023, yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar sekolah. Selanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menindaklanjuti program KGTS 2022: Kenali Mangrove Sayangi Mangrove: Pengajaran dan Lomba Mewarnai Mangrove.

TUJUAN UMUM
Sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya kepada kalangan pelajar, khususnya kepada siswa kelas 7 SMP.

TUJUAN KHUSUS
1. Memberikan pengenalan dan pengetahuan mengenai ekologi mangrove serta gambaran mengenai ekosistem mangrove, khususnya yang terdapat di pesisir Pantai Utara Jawa Tengah.
2. Memberikan pengetahuan dan pengenalan fungsi dan manfaat dari bagian mangrove yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan, seperti jajanan, kopi hingga pewarna batik mangrove.
3. Menindaklanjuti program KGTS 2022: Kenali Mangrove Sayangi Mangrove: Pengajaran dan Lomba Mewarnai Mangrove.

WAKTU
07.30 – 09.30 WIB

LOKASI
SMP N 21 Semarang

PESERTA
Tiga puluh lima (35) orang siswa kelas 7 SMP N 21 Semarang

DESKRIPSI KEGIATAN
Acara akan dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 15 Maret 2023 di SMP N 21 Semarang. Kegiatan akan dimulai pada pukul 07.30 – 09.30 WIB, dengan rangkaian acara sebagai berikut: 

1. Rangkaian kegiatan dimulai dengan menuju ke lokasi.

2. Kegiatan ini akan dimulai dengan penyampaian materi pertama mengenai Pengenalan Mangrove yang akan dijelaskan oleh Duta Mangrove KeSEMaT Putra (DUMATRA) dan Duta Mangrove KeSEMaT Putri (DUMATRI). Salah satu materi yang akan diberikan, yaitu Pengenalan Jenis-Jenis Mangrove, diantaranya Bakau dan Api-api beserta nama bagian-bagiannya.

3. Setelah penyampaian materi, akan dilanjutkan dengan Games Mangrove, dimana pada games tersebut diharapkan dapat melatih daya ingat siswa terhadap materi yang sudah diberikan sebelumnya. Pada sesi ini, siswa akan menjawab beberapa kuis, berupa gambar yang akan ditunjukkan.

4. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua mengenai Fungsi dan Manfaat Mangrove. Hal ini, dimaksudkan untuk memberitahukan kepada siswa bahwa ekosistem mangrove termasuk sumber daya alam esensial di kawasan pesisir yang wajib dilestarikan, mengingat keberadaannya sebagai habitat bagi flora dan fauna di sekitarnya bahkan dapat menjaga bentuk pantai. Maka dari itu, dengan dikenalkannya mangrove beserta fungsi dan manfaatnya, diharapkan siswa akan dapat lebih mengenal mangrove dan peduli terhadap ekosistemnya.

5. Untuk meningkatkan kekreatifan siswa dan mengenalkan mangrove beserta ekosistemnya, maka pada sesi selanjutnya, akan dilakukan Lomba Cipta Puisi Mangrove. Secara tidak langsung, hal ini akan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap sehingga mereka akan dapat lebih mengenal dan mengetahui fungsi dan manfaatnya.

6. Acara yang terakhir adalah penutupan. Pada kesempatan ini, akan dilakukan penyerahan papan mading sekolah, penyerahan hadiah Lomba Cipta Pusi Mangrove dan kenang-kenangan kepada SMP N 21 Semarang.

JADWAL KEGIATAN
Berikut ini adalah jadwal kegiatan KGTS 2023:
1. Hari/tanggal: Rabu, 15 Maret 2023
2. Waktu: 07.30 – 09.30 WIB
3. Lokasi: SMP N 21 Semarang

SUSUNAN ACARA
1. 07.50 – 08.10 WIB Penyampaian Materi “Pengenalan Mangrove”
2. 08.10 – 08.20 WIB Games Mangrove
3. 08.20 – 08.35 WIB Penyampaian Materi “Mangrove Tumbuhan Seribu Manfaat”
4. 08.35 – 08.55 WIB Lomba Cipta Puisi Mangrove
5. 08.55 – 09.10 WIB Penjurian Lomba Cipta Puisi Mangrove
6. 09.10 – 09.15 WIB Pembagian Hadiah Lomba Cipta Puisi Mangrove
7. 09.15 – 09.25 WIB Penutupan dan Penyerahan Kenang-Kenangan
8. 09.25 – 09.30 WIB Foto Bersama

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KGTS 2023 dapat ditujukan kepada:

Sdri. Afrida Dwiyanti
Staf Menteri Pendidikan dan Penelitian
WhatsApp: +62812 3163 5350

Kantor KeSEMaT
Jl. Mulawarman Selatan Dalam II
No. 113B RT 04 RW 03
Kelurahan Kramas, Tembalang
Jawa Tengah – Indonesia

WhatsApp: +62813 9271 1780
Email: kesemat@gmail.com
Website: www.kesemat.or.id

Demikian press release ini kami sampaikan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove dan meningkatkan kepedulian masyarakat, terutama generasi penerus bangsa akan pentingnya kelestarian alam, terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (ADM).

No comments:

Post a Comment