14.5.23

Press Release Mangrove Music Charity 2023: Malam Penggalangan Dana, Pertunjukan Musik, Talk Show, Pameran Produk Mangrove dan Fashion Show Batik Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada masyarakat umum bahwa KeSEMaT akan menyelenggarakan program kampanye penyelamatan mangrove tahunannya, yaitu Mangrove Music Charity (MMC) 2023: Malam Penggalangan Dana, Pertunjukan Musik, Talk Show, Pameran Produk Mangrove dan Fashion Show Batik Mangrove.

Sesuai dengan namanya, maka kegiatan ini akan diisi dengan malam penggalangan dana untuk mangrove, yang akan menampilkan pertunjukan musik berlirik mangrove, talk show batik mangrove Mas Bamat dan jajanan mangrove Mbak Jamat, pameran aneka produk olahan jajanan mangrove Mbak Jamat, batik mangrove Mas Bamat dan kopi mangrove Arjuna dan fashion show batik mangrove Mas Bamat. Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum. Bagi yang tertarik mengikutinya, dipersilakan untuk mencermati informasi di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Hutan mangrove merupakan salah satu komunitas tumbuhan yang hidup di kawasan pinggiran pantai. Mangrove merupakan habitat bagi berbagai jenis satwa liar, seperti primata, reptil dan aves. Selain sebagai tempat berlindung dan mencari makan, mangrove juga merupakan tempat berkembang biak bagi burung air. Perairan mangrove menjadi tempat ideal sebagai daerah asuhan, tempat mencari makan dan tempat pembesaran anak bagi ikan dan udang.

Selain menjadi tempat bagi berbagai macam biota, hutan mangrove juga berfungsi sebagai pencegah bencana di wilayah pesisir, seperti abrasi dan banjir rob.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa Tengah berada dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Menurut data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, hutan mangrove Kota Semarang yang rusak atau hilang mencapai 11 ha dari total luasannya sebesar 36,51 ha.

Semarang merupakan ibukota provinsi dari Jawa Tengah, yang mana beberapa tahun terakhir ini mengalami masalah lingkungan yang cukup berat, salah satu contohnya adalah rob. Jika kasus ini terus terjadi, bukan tidak mungkin rob yang terjadi di wilayah Semarang akan berdampak semakin parah. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum menyadari terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari hal tersebut.

Kerusakan hutan mangrove akan memperparah banjir rob yang terjadi di daerah pesisir bahkan hingga daratan. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya rasa kepedulian masyarakat untuk mengembangkan rasa cinta terhadap mangrove.

Memperhatikan kondisi tersebut, maka KeSEMaT berinisiatif menyelenggarakan program MMC 2023 bertema Mangrove Expecta. Rangkaian kegiatan dalam MMC 2023 tersebut merupakan salah satu media dari KeSEMaT untuk menyalurkan semangat yang tak pernah habis demi aksi penyelamatan ekosistem mangrove di Pantai Utara, Jawa Tengah.

Kegiatan MMC 2023 ini mengusung tema Mangrove Expecta, yang dimaksudkan untuk menyadarkan dan mengajak masyarakat, khususnya generasi muda mengenai pentingnya ekosistem mangrove di masa sekarang dan mendatang. Melalui kegiatan MMC 2023, masyarakat akan lebih mengetahui mengenai pentingnya ekosistem mangrove dari segi sosial, budaya, ekologi dan ekonomi.

MMC 2023 mengangkat tema Mangrove Expecta: Expressive Sound of Mangrove yang memiliki arti dengan bernyanyi akan dapat menciptakan perasaan bahagia karena secara tidak langsung dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan mangrove.

Nuansa MMC 2023 juga akan disajikan dengan mengusung tema yang lebih pop sehingga cocok untuk semua kalangan, khususnya generasi muda.

Bentuk kegiatan MMC 2023 berupa penggalangan dana kepada masyarakat umum yang berada di wilayah Semarang, dengan mengundang berbagai pihak, baik dari komunitas musik maupun lingkungan secara sukarela.

Hasil dari penggalangan dana yang dilakukan akan disalurkan untuk kegiatan konservasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang.

TUJUAN UMUM
Melakukan kampanye penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara Jawa Tengah dengan program MMC 2023 bertema “Mangrove Expecta: Expressive Sound of Mangrove” kepada masyarakat, khususnya di daerah Semarang.

TUJUAN KHUSUS
1. Meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan jiwa konservasi mangrove kepada masyarakat umum akan pentingnya ekosistem mangrove, khusunya kepada masyarakat di Semarang.
2. Membantu program penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara, Jawa Tengah.
3. Menjalin kerja sama dengan semua pihak dalam rangka penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Pantai Utara, Jawa Tengah.
4. Mengenalkan kreasi batik mangrove, jajanan mangrove dan kopi mangrove dalam rangka mengkampanyekan pelestarian lingkungan pesisir, khususnya ekosistem mangrove.

BENTUK KEGIATAN
MMC 2023 merupakan acara konser amal yang bertujuan untuk menggalang dana yang nantinya akan dialokasikan untuk program konservasi mangrove. Penggalangan dana dilakukan dengan cara penjualan aneka produk olahan mangrove dan suvenir yang diproduksi oleh KeSEMaT dan warga binaannya, yang sebagian hasilnya akan disalurkan untuk Koin untuk Mangrove (KUMANG).

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan batik, jajanan mangrove dan kopi mangrove kepada masyarakat, dengan cara menampilkan hasil kreasi batik mangrove yang diperagakan oleh talent model dan talk show yang akan membahas mengenai batik, jajanan dan kopi mangrove berlabel Mas Bamat, Mbak Jamat dan Kopi Arjuna.

Acara diawali dengan penampilan musik dari KeSEMaTUSTIK dan The Ryats, fashion show batik mangrove Mas Bamat, talk show batik, jajanan dan kopi mangrove dan diakhiri dengan pengumuman jumlah koin yang diperoleh dari penggalangan dana konservasi mangrove.

Acara akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2023, mulai pukul 19.00 – 21.30 WIB di Tatap Muka Coffee & Work Semarang. 

Masyarakat yang ingin berdonasi untuk penyelamatan ekosistem mangrove, juga sudah dapat melakukan donasi secara langsung melalui KUMANG yang tersedia pada saat pelaksanaan acara.

WAKTU PELAKSANAAN
Hari/tanggal: Sabtu, 3 Juni 2023
Waktu: 19.00 – 21.30 WIB
Tempat: Tatap Muka Coffee & Work, Jomblang, Candisari, Semarang

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkenaan dengan MMC 2023, dapat disampaikan kepada:

Sdri. Fitriya Ayu Setyani
Staf Menteri Departemen Keuangan KeSEMaT Periode 2021/2022.
WhatsApp: +62857 9700 6358

KANTOR KeSEMaT
Jl. Mulawarman Selatan Dalam II
No. 113B RT 04 RW 03 Kelurahan Kramas, Tembalang
Jawa Tengah – Indonesia

Telp: +62813 9271 1780
Email: kesemat@gmail.com
Website: www.kesemat.or.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) dibawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP Semarang.

PENUTUP
Demikian press release MMC 2022 ini kami susun, sebagai bahan acuan demi suksesnya acara MMC 2022. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih. (ADM).

No comments:

Post a Comment