22.8.24

Usung Tema The Shine of KeSEMaT, KeSEMaT Sukses Gelar KeSEMaTBIRTHDAY 2023

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali sukses merayakan hari jadinya yang ke-22 tahun melalui perayaan KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2023 bertema "The Shine of KeSEMaT." Acara ini berlangsung selama dua hari di dua lokasi, yaitu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) pada 17 November 2023 dan KANE Semarang pada 19 November 2023.

Tema "The Shine of KeSEMaT" mengandung harapan agar KeSEMaT dapat terus bersinar seperti cahaya dan memberikan manfaat yang tulus bagi lingkungan di sekitarnya.

Berbagi Bersama
Kegiatan Berbagi Bersama, yang dilaksanakan setelah ibadah salat di pelataran gazebo FPIK UNDIP, dimulai pukul 12.30 WIB. Acara ini berjalan dengan lancar dan kondusif, menandai wujud ketulusan KeSEMaT dalam merayakan keberhasilannya dengan membagikan nasi kotak kepada para mahasiswa di sekitar FPIK UNDIP.

Sdr. Yulianto Puguh (mahasiswa FPIK UNDIP), mengungkapkan bahwa acara Berbagi Bersama tahun ini sangat bermanfaat.

"Terima kasih saya ucapkan kepada KeSEMaT. Program Berbagi Bersama dengan membagikan nasi kotak untuk para mahasiswa di FPIK UNDIP ini sangat bermanfaat bagi kami. Tentu saja, seiring dengan tema KB 2023 yang mengusung kebermanfaatan dan ketulusan," kata Sdr. Yulianto.

Pembukaan stand pembagian nasi kotak KB 2023 juga disambut antusias oleh para mahasiswa.

Sdr. Dimas Saktia Widianto (Staf MENPORSI), selaku Ketua Pelaksana KB 2023, menyampaikan harapannya agar acara ini memberi kebahagiaan kepada masyarakat dan menjadikan KeSEMaT selalu bermanfaat untuk lingkungan di sekitarnya.

Sdri. Afrida Dwiyanti (MENDIKTAN) menambahkan bahwa dirinya merasa bangga karena pada tahun ini, KeSEMaT kembali dapat melakukan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi banyak orang.

"Senang sekali, pada tahun ini, KeSEMaT kembali dapat menjadi bermanfaat bagi banyak orang," kata MENDIKTAN. "Pembagian nasi kotak kepada para mahasiswa di kampus FPIK UNDIP menjadi penanda bahwa kami peduli dengan teman-teman di kampus kami," lanjutnya.

Kegiatan ini ditutup pada pukul 13.30 WIB dengan pembagian nasi kotak terakhir yang diikuti dengan foto-bersama panitia KB 2023.

"Tadi saya juga ikut membagikan nasi kotak kepada teman-teman FPIK UNDIP," ujar Sdr. Ananda Hadi Wijaya (Staf MENDIKTAN). "Mereka tampak senang sembari mendoakan dan berharap agar KeSEMaT dapat terus bersinar dan bermanfaat bagi sesamanya," ujarnya lebih lanjut.

Malam Puncak
Acara malam puncak KB 2023 diselenggarakan di KANE Semarang, dimulai pukul 18.20 WIB dengan pembukaan oleh MC dan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama disampaikan oleh Sdr. Dimas, diikuti oleh Sdr. Agape Lista Anthoni (Presiden), dan Sdr. Anggoro D. B. Saputro (Staf Manajer Keuangan dan Operasional IKAMaT).

Sdr. Dimas menjelaskan mengenai latar belakang diselenggarakannya KB 2023 yang difokuskan dengan kegiatan berbagi makanan dengan tujuan sebagai bentuk rasa syukur KeSEMaT atas pencapaian berbagai prestasi selama 22 tahun terakhir dan sebagai wujud ketulusan terhadap sesama di hari Jumat yang mulia.

"Selain itu, pada malam ini, kegiatan juga dilanjutkan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun ke-22 KeSEMaT yang mengundang teman-teman dari civitas akademika FPIK UNDIP, warga binaan, relawan, alumni, mitra kerja, dan kolega kami," kata Sdr. Dimas. "Saya berharap, semua tamu undangan yang hadir pada malam hari ini dapat menikmati acara malam puncak KB 2023," lanjutnya.

Presiden menyampaikan kesannya di usia ke-22 tahun KeSEMaT. Dia mengatakan bahwa kesuksesan KeSEMaT dalam melakukan upaya konservasi dan rehabilitasi kawasan mangrove di pesisir Indonesia, tidak luput dari partisipasi semua pihak yang mendukung pergerakan KeSEMaT.

"Untuk itu, saya mewakili KeSEMaT, sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih kepada civitas akademika FPIK UNDIP, warga binaan, relawan, alumni, mitra kerja, dan kolega kami yang selalu mendampingi perjalanan kami selama ini," terang Presiden.

Sdr. Anggoro berharap KeSEMaT di usia ke-22 dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi bagi lingkungan dan masyarakat.

"KeSEMaT memiliki jaringan yang sangat luas dan nama besar di dunia permangrovean di Indonesia bahkan mancanegara," jelas Sdr. Anggoro. "Saya pribadi dan IKAMaT, juga KeAMaT sebagai wadah yang menaungi para Alumni KeSEMaT mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman semua yang hadir di sini, yang sudah mendukung pergerakan penyelamatan hutan mangrove kami sehingga KeSEMaT tetap berjaya pada usia ke-22 tahun-nya," jelasnya lebih lanjut. 

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video yang menggambarkan progres KeSEMaT dari tahun pertama hingga kini. Video yang diputar menggambarkan perjalanan KeSEMaT dari awal berdiri sampai dengan mendapatkan banyak pencapaian, seperti penghargaan KALPATARU dari pemerintah Republik Indonesia.

Lebih dari itu, KeSEMaT juga berhasil menghijaukan kawasan pesisir di Indonesia dengan mangrove sehingga meningkatkan kesejahteraan warga pesisir di sekitarnya.   

Acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Sdr. Dimas, Sdr. Agape, dan Sdr. Anggoro yang menandakan sebuah kebersamaan, kekompakan, dan kekeluargaan dalam perayaan HUT ke-22 KeSEMaT.

Sdr. Fadhlan Yusuf (mahasiswa FPIK UNDIP), menyampaikan apresiasi atas keberhasilan dan pencapaian KeSEMaT selama 22 tahun ini, juga atas penyelenggaraan KB 2023 yang berlangsung sangat meriah dengan suasana penuh kekeluargaan.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-22 tahun untuk KeSEMaT. Semoga KeSEMaT terus dapat menginspirasi generasi muda dan masyarakat banyak dengan program-program aksi penyelamatan hutan mangrove di Indonesia," harap Sdr. Fadhlan.

Setelah pemotongan kue, acara dilanjutkan dengan penampilan KeSEMaTER yang menghadirkan musikalisasi puisi tentang semangat menjaga hutan mangrove untuk bumi yang lebih hijau di masa depan.

Sdri. Hanna Amanda Putri (Staf MENKEU) merasa senang dapat menyalurkan semangat konservasi mangrovenya melalui puisi yang dibuat.

"Saya senang dapat ikut menyemarakkan peringatan HUT ke-22 KeSEMaT dengan musikalisasi puisi. Saya mengisahkan tentang hutan mangrove yang hingga saat ini masih belum mendapatkan keadilan karena ditebangi untuk pembukaan area pertambakan, pemukiman, daerah industri, dan peruntukan lainnya," kata Sdri. Hanna. "Dengan adanya musikalisasi puisi ini, saya berharap bahwa tamu undangan dapat menangkap pesan yang saya sampaikan sehingga mendapatkan pemahaman yang baik mengenai ekosistem mangrove setelah selesai mengikuti malam puncak KB 2023," lanjutnya.

Acara dilanjutkan dengan ice breaking berupa games "Eat Bulaga" yang dipandu oleh Sdr. Aditya Ardinugraha Maulana Azhari (Staf MENSETSI) dan Sdri. Afrida.

Pada kesempatan ini, Sdr. Aditya dan Sdri. Afrida mengajak para tamu undangan dan hadirin yang hadir bermain beberapa games seputar mangrove dan KeSEMaT.

"Ternyata, teman-teman banyak yang tahu mengenai profil KeSEMaT, berikut program-program kerja yang dilakukan oleh KeSEMaT," kata Sdri. Afrida. "Bagi yang menang, akan mendapatkan bingkisan yang menarik dari KeSEMaT," lanjutnya.

Games dimenangkan oleh beberapa perwakilan dari para hadirin. Selanjutnya, Sdr. Dimas membagikan bingkisan kepada para pemenang games.

Setelah itu, acara diteruskan dengan penyampaian kesan dan pesan untuk KeSEMaT dari para tamu undangan.

Acara ditutup dengan makan bersama dan penampilan band KeSEMaTUSTIK yang membawakan lagu "Hijau Lebam" dan "Kumis di Hari Kamis." Sebagai informasi, lagu-lagu KeSEMaTUSTIK sudah dapat didengarkan di berbagai platform musik digital.

Sdr. Muhammad Bahrul Ilmi (Staf MENWIRA) merasa senang dapat merasakan kemeriahan KB 2023 dan berharap agar KeSEMaT tetap menjaga suasana kekeluargaan dan menjadi teladan bagi organisasi lainnya, tidak hanya di FPIK UNDIP saja, melainkan organisasi di seluruh Indonesia bahkan dunia. 

Keseluruhan acara KB 2023 selama dua hari berlangsung dengan bahagia, lancar, sukses, dan meriah, yang ditutup dengan foto bersama. (PAMH/AP/ADM).

No comments:

Post a Comment