31.3.19

Presiden KeSEMaT Narasumber Sosialisasi Rehabilitasi Sempadan Pantai di Kebumen

Kebumen - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 28 Maret 2019, mulai dari pagi hingga siang hari, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Ilham Kuncahyo (Presiden) menjadi Narasumber "Sosialisasi Rehabilitasi Sempadan Pantai" yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VIII Kebumen, Jawa Tengah. Acara diadakan di Aula CDK Wilayah VIII, Kebumen.

"Saya memberikan sosialisasi mangrove kepada para peserta yang berasal dari Kelompok Tani Mangrove di pesisir Kebumen. Saat sosialisasi berlangsung, peserta tampak antusias mendengarkan seluruh materi yang disampaikan,” jelas Presiden yang menyampaikan materi, diantaranya mengenai Teknik Rehabilitasi Mangrove di Daerah Pesisir, Pengalaman Pengembangan Ekowisata Mangrove dan Pengolahan Buah Mangrove Menjadi Batik dan Jajanan.

Para peserta yang hadir berjumlah kurang lebih 30 orang. Selain memberikan materi mengenai mangrove, Presiden juga mempresentasikan mengenai Hybrid Engineering (HE) yang merupakan konsep inovatif yang bekerja sama dengan alam untuk mengembalikan sedimen yang hilang, sekaligus sebagai lokasi penanaman mangrove apabila terbentuk sedimentasi.

Tak hanya itu, Sdr. Ilham juga mempresentasikan mengenai Proses Pendirian dan Pengembangan Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) yang berada di Teluk Awur, Jepara.

"Senang sekali, saya dapat berbagi inspirasi dan motivasi pengelolaan MECoK dan sistem organisasi KeSEMaT dan afiliasinya kepada para peserta," terang Presiden. "Mereka sangat kagum dengan KeSEMaT, mengingat kami masih mahasiswa, namun sudah banyak berkarya untuk pelestarian dan pembangunan mangrove di Indonesia dan dunia," pungkasnya. (IK/AP/ADM).

No comments:

Post a Comment