24.3.19

Press Release Mangrove Restoration 2019: Mangrove For Indonesia

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diberitahukan kepada masyarakat umum, bahwa dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan yang jatuh di awal tahun 2019 dan mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli dengan kelestarian hutan mangrovenya, maka KeSEMaT kembali akan mengadakan program tahunannya yang melibatkan peserta dari Semarang dan sekitarnya, untuk mengkampanyekan penyelamatan mangrove di titik-titik strategis di Kota Semarang.

Mangrove Restoration (MANGRES) 2019: Mangrove For Indonesia. Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, Hari Air Dunia dan Hari Bumi di Kota Semarang.

I. JUDUL KEGIATAN
MANGRES 2019: Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, Hari Air Dunia dan Hari Bumi di Kota Semarang.

II. PELAKSANA KEGIATAN
Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT).

Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Mulawarman Selatan Dalam II No.113B
RT 04 RW 03 Kelurahan Kramas, Tembalang
Jawa Tengah - Indonesia

P. +6281392711780 F. +62247474698
CP. Kiki Ade Kumala +6281228686154

E. kesemat@gmail.com
W. www.kesemat.or.id

III. DURASI KEGIATAN
22 Maret s.d. 20 April 2019

IV. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP), Kelompok Tani Mangrove dan warga pesisir Mangunharjo, organisasi politik dan lingkungan serta masyarakat Kota Semarang.

V. LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar, seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa berada dalam tingkatan yang sangat mengkhawatirkan. Hal ini juga terjadi pada ekosistem mangrove yang ada di daerah pesisir Semarang, khususnya Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Memperhatikan keadaan tersebut, maka pada tahun 2019 ini, KeSEMaT berniat kembali melakukan upaya rehabilitasi mangrove melalui program MANGRES 2019. Pada program ini, KeSEMaT melakukan kampanye simpatik, penanaman dan penyulaman terhadap mangrove yang sudah mati dan akan diganti dengan bibit mangrove yang baru di Desa Mangunharjo, Semarang.

Mengingat fungsi mangrove yang hidup di lahan basah sangatlah penting, diantaranya sebagai penahan sampah yang menuju ke laut dan dapat menahan intrusi air laut, maka kegiatan MANGRES 2019 diadakan sebagai Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, Hari Air Dunia dan Hari Bumi di Kota Semarang.

Pada tahun ini, MANGRES juga diadakan dalam rangka turut merayakan Pesta Demokrasi Indonesia, yaitu Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Untuk itulah, peserta yang terlibat dalam kegiatan ini tidak hanya dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum saja, melainkan organisasi politik yang terdapat di Semarang dan sekitarnya.

Jumlah bibit mangrove yang akan disulam dan ditanam pada tahun ini berjumlah 1.704 buah, sebagai sebuah simbolisasi tanggal dan bulan pelaksanaan Pesta Demokrasi Indonesia.

Kegiatan MANGRES 2019 mengusung tema “Mangrove For Indonesia” dengan harapan dapat memotivasi masyarakat umum, khususnya generasi muda untuk selalu semangat dan memberi inspirasi kepada banyak orang untuk melakukan penyelamatan mangrove melalui aksi nyata dapat diimplementasikan pada acara ini.

Pengimplementasian pada acara ini ditunjukkan dalam kegiatan-kegiatan berupa kampanye simpatik, long march, dan penanaman serta pemeliharaan mangrove.

VI. TUJUAN UMUM
Melakukan penanaman dan penyulaman bibit mangrove yang bertempat di Desa Mangunharjo dengan cara mengganti bibit mangrove yang telah mati dengan bibit mangrove yang baru serta menanam bibit mangrove yang baru.

VII. TUJUAN KHUSUS
1. Melakukan kampanye simpatik dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah, Hari Peduli Sampah Nasional, Hari Kehutanan, Hari Air Dunia dan Hari Bumi.
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya lingkungan, khususnya ekosistem mangrove. 3. Memberikan pengetahuan kepada peserta tentang tata cara menanam dan merehabilitasi mangrove secara baik dan benar.
4. Melakukan penyulaman hasil penanaman mangrove yang telah dilakukan oleh KeSEMaT di Desa Mangunharjo, Semarang.

VIII. DESKRIPSI KEGIATAN
8.1. Tahap Pendaftaran Peserta
Pada tahap ini, KeSEMaT melakukan rekrutmen dan pendaftaran sukarelawan MANGRES 2019. Pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 22 Maret - 31 Maret 2019 bertempat di Kantor KeSEMaT, Jl. Mulawarman Selatan Dalam II No. 113B Semarang, Jawa Tengah.

Adapun sasaran utama peserta adalah para mahasiswa dari organisasi mahasiswa se-Jawa Tengah, masyarakat umum dan organisasi politik serta komunitas lingkungan yang terdapat di Semarang dan sekitarnya.

8.2. Tahap Technical Meeting (TM)
TM akan dilaksanakan pada tanggal 3 April 2019 untuk memberikan informasi kepada para peserta mengenai teknis MANGRES 2019 dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh peserta selama MANGRES 2019.

TM dilaksanakan di Student Center, UNDIP, Semarang, Jawa Tengah. Jl. Prof. H. Soedarto, S.H, Tembalang, Semarang mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB.

8.3. Tahap Kampanye Simpatik
Kampanye Simpatik akan dilaksanakan pada tanggal 4 dan 7 April 2019 yang dilakukan oleh KeSEMaT dan peserta yang juga bekerja sama dengan komunitas - komunitas di Kota Semarang dalam rangka mengajak masyarakat luas agar lebih peduli dengan lingkungan.

Kampanye Simpatik dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan Mangrove Flash Mob dan berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk menarik perhatian mahasiswa dan masyarakat umum agar dapat lebih memaknai dan berbuat baik terhadap alam.

Selain itu, juga akan diadakan kegiatan pembagian stiker dan suvenir yang berisi pesan tentang lingkungan yang diberikan kepada setiap kendaraan yang lewat dan orang yang melintas.

Seluruh peserta dan panitia MANGRES 2019 juga akan melakukan Flash Mob MANGROVER (bertema Mangrove Movement) yang bertujuan untuk mengkampanyekan program penyelamatan dan rehabilitasi mangrove di Indonesia.

Kampanye ini juga dilakukan dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan, yaitu Hari Lahan Basah (2 Februari), Hari Peduli Sampah Nasional (21 Februari), Hari Kehutanan (20 Maret), Hari Air Dunia (22 Maret) dan Hari Bumi (22 April).

Kampanye Simpatik akan dilaksanakan di kampus UNDIP Tembalang (4 April 2019), Car Free Day Semarang, kemudian dilanjutkan ke kawasan Tugu Muda yang bekerja sama dengan komunitas-komunitas di Kota Semarang (7 April 2019).

Pada kegiatan ini, para peserta MANGRES 2019 diwajibkan untuk membuat headband dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Headband terbuat dari bahan karton.
b. Pada bagian tengah headband diberi gambar pohon mangrove dengan jenis Rhizophora spp.
c. Pada bagian tengah gambar pohon mangrove diberi tulisan #SAVEMANGROVE dan #MANGROVEFORINDONESIA.
d. Ukuran dan bentuk gambar dibuat sekreatif mungkin.
e. Warna yang digunakan untuk membuat headband minimal terdiri atas tiga warna dari lima warna berikut, yaitu putih, cokelat, kuning, hijau atau hitam.
f. Pada bagian ujung headband diberi tali sebagai pengikat yang disesuaikan dengan ukuran kepala masing-masing peserta MANGRES 2019.
g. Pada bagian belakang headband diberi nama peserta MANGRES 2019.

8.4. Tahap Penanaman dan Penyulaman Mangrove
Tahapan ini merupakan puncak pelaksanaan MANGRES 2019. Panitia dari KeSEMaT dan peserta berkumpul di Kantor KeSEMaT pada tanggal 13 April 2019, pukul 06.30 WIB.

Sampai di Desa Mangunharjo, akan diadakan sambutan yang disampaikan oleh Dekan FPIK UNDIP, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah dan Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (Biro ISDA) Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove secara simbolis oleh DLHK Provinsi Jawa Tengah, DKP Provinsi Jawa Tengah, Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah, yang dilanjutkan dengan penanaman dan penyulaman oleh panitia dan peserta.

8.5. Tahap Pembagian Sertifikat dan Penutupan Acara Kampanye Simpatik
Pembagian sertifikat dan penutupan acara kampanye simpatik dilakukan pada tanggal 18 April 2019, yang disertai dengan penggalangan dana Koin Untuk Mangrove (KUMANG) di Kedai Kahatkene, Jl. Tirto Agung No. 28 Pedalangan, Banyumanik, Semarang.

Pengumuman The Most Activeable Participant dan Pemenang Lomba Foto MANGRES 2019 akan dilakukan pada kesempatan ini.

8.6. Tahap Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Hasil Penanaman dan Penutupan Keseluruhan Acara MANGRES 2019

MONEV merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari mangrove yang telah ditanam, apakah ada yang perlu dilakukan penyulaman atau tidak.

Panitia dari KeSEMaT dan peserta berkumpul di Kantor KeSEMaT pada tanggal 20 April 2019, pukul 06.30 WIB dan dilanjutkan perjalanan menuju lokasi MONEV, yaitu Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Acara ini sekaligus sebagai penutupan keseluruhan acara MANGRES 2019.

8.7. Deskripsi Lomba
Pada kegiatan MANGRES 2019 akan diadakan lomba, yaitu: Lomba Foto MANGRES 2019. Lomba ini mengangkat tema “Mangrover Healthy” yang bertujuan untuk menunjukkan seberapa besar suka cita dan keceriaan peserta MANGRES 2019 terhadap kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem mangrove.

Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 7 April 2019 yang bertepatan dengan kegiatan Kampanye Simpatik di Tugu Muda dan Simpang Lima, Semarang.

8.8. Lomba Foto MANGRES 2019
Lomba foto ini khusus bagi peserta MANGRES 2019, dengan persyaratan sebagai berikut:

1. Tema: Mangrover Healthy.

2. Lomba Foto MANGRES 2019 adalah gratis (tidak dikenakan biaya apapun). Seluruh peserta MANGRES 2019 berhak mengikuti lomba ini.

3. Objek foto adalah kegiatan MANGRES 2019, yaitu pada saat acara Kampanye Simpatik yang berlokasi di CFD Simpang Lima, Semarang dan Tugu Muda, Semarang yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2019.

4. Teknis lomba:
4.1. Peserta DIWAJIBKAN mem-follow akun Instagram @KeSEMaT.
4.2. Peserta DIWAJIBKAN mengunggah 1 foto (1 peserta 1 foto) yang diikutkan lomba melalui akun Instagram peserta, maksimal pada hari Sabtu, 13 April 2019 pukul 00.00 WIB.
4.3. Foto yang diikutkan lomba harus menunjukkan keceriaaan dan kemeriahan acara.
4.4. Foto harus diberi caption yang menarik dan menggugah semangat dengan tujuan untuk menginspirasi aksi penyelamatan hutan mangrove.
4.5. Foto WAJIB di-mention dan di-tag ke akun Instagram @KeSEMaT menggunakan hashtag #MANGRES2019.
4.6. Juri akan memilih dua foto terbaik dari seluruh rangkaian kampanye simpatik MANGRES 2019.

5. Foto harus hasil karya sendiri dan bukan karya orang lain.

6. Editing foto diperbolehkan, namun hanya sebatas cropping, brightness/contrast dan burn/dodge.

7. Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan di atas.

8. Juri dalam lomba ini adalah Sdr. Ganis Riyan Efendi, S. Kel (Pemimpin Redaksi MANGROVEMAGZ).

9. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

10. Pengumuman pemenang Lomba Foto MANGRES 2019 akan diumumkan pada saat Pembagian Sertifikat dan Penutupan Acara Kampanye Simpatik.

11. Panitia akan menetapkan Juara I dan II yang akan mendapatkan paket hadiah menarik dan sertifikat dari KeSEMaT.

12. Keluarga besar KeSEMaT tidak diperbolehkan mengikuti lomba ini.

IX. PESERTA
Persyaratan dan Peraturan Peserta

1. Program MANGRES 2019 dikenakan biaya sebesar Rp40.000,00 (empat puluh ribu rupiah).

2. Peserta MANGRES 2019 adalah para mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia.

3. Pendaftaran calon Peserta MANGRES 2019, dimulai dari tanggal 22 Maret sampai dengan 31 Maret April 2019.

4. Calon Peserta MANGRES 2019 dipersilakan untuk langsung mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan sebagai Peserta MANGRES 2019 di Kantor KeSEMaT, Jl. Mulawarman Selatan Dalam II No. 113 B RT 04 RW 03.

5. Kegiatan MANGRES 2019 bersifat sukarela, apabila terdapat hal yang terjadi kepada peserta di luar tanggung jawab panitia.

6. Peserta akan mendapatkan fasilitas berupa stiker, snack, bibit mangrove, transportasi dan konsumsi pada saat Tahap Penanaman dan Penyulaman MANGRES 2019.

7. Akomodasi dan transportasi dibebankan sepenuhnya kepada para peserta, kecuali pada saat Tahap Penanaman dan Penyulaman MANGRES 2019.

8. Peserta MANGRES 2019 dibatasi hanya untuk 20 orang peserta saja, namun apabila dibutuhkan, maka kuota dapat ditambah oleh panitia.

9. Peserta MANGRES 2019 diwajibkan untuk mematuhi Tata Tertib dan Jadwal Kegiatan yang diberikan oleh Panitia MANGRES 2019.

10. Sertifikat MANGRES 2019 hanya akan diberikan kepada peserta yang mengikuti minimal empat tahap yang terdiri dari:
10.1. Tiga tahap wajib, yaitu: Acara Kampanye Simpatik di kawasan Tugu Muda dan Acara Kampanye Simpatik pada Car Free Day Semarang (7 April 2019), dan pada Acara Penanaman dan Penyulaman Mangrove (13 April 2019).
10.2. Satu tahap lainnya (bebas memilih satu tahapan MANGRES 2019 lainnya), yaitu: TM, Latihan Flash Mob, Pembagian Sertifikat dan Penutupan Acara Kampanye Simpatik atau MONEV.

11. Pembagian sertifikat akan dilakukan pada tanggal 18 April 2019 yang berlokasi di Kahatkene, Jl. Tirto Agung No. 28 Pedalangan, Banyumanik, Semarang 13.

X. JADWAL KEGIATAN
1. Pendaftaran Peserta
Hari, Tanggal: Jumat, 22 Maret - Minggu, 31 Maret 2019
Waktu: 09.00 - 16.00 WIB
Tempat: Kantor KeSEMaT dan Kampus FPIK UNDIP Semarang

2. TM dan Latihan Flash Mob
Hari, Tanggal: Rabu, 3 April 2019
Waktu: 08.00 - 12.00 WIB
Tempat: Student Center, UNDIP, Semarang, Jawa Tengah. Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang

3. Kampanye Simpatik I
Hari, Tanggal: Kamis, 4 April 2019
Waktu: 06.30 - 08.15 WIB
Tempat: Taman Inspirasi UNDIP

4. Kampanye Simpatik II
Hari, Tanggal: Minggu, 7 April 2019
Waktu: 06.00 - 08.35 WIB
Tempat: Car Free Day, Semarang

5. Kampanye Simpatik III
Hari, Tanggal: Minggu, 7 April 2019
Waktu: 08.35 - 10.50 WIB
Tempat: Tugu Muda, Semarang

6. Penanaman dan Penyulaman Mangrove
Hari, Tanggal: Sabtu, 13 April 2019
Waktu: 06.30 - 13.30 WIB
Tempat: Desa Mangunharjo, Semarang

7. Pembagian Sertifikat dan Penutupan Kampanye Simpatik
Hari, Tanggal: Kamis, 18 April 2019
Waktu: 18.30 - 21.00 WIB
Tempat: Kahatkene, Jl. Tirto Agung No. 28 Pedalangan, Banyumanik, Semarang

8. MONEV dan Penutupan
Hari, Tanggal: Sabtu, 20 April 2019
Waktu: 06.30 - 09.00 WIB
Tempat: Desa Mangunharjo, Semarang

XI. KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MANGRES 2019 dapat ditujukan kepada:

Sdri. Kiki Ade Kumala
Menteri Perpustakaan KeSEMaT
Periode 2018/2019

CP.  +6281228686154

P. +6281392711780 F. +62247474698
E. kesemat@gmail.com W. www.kesemat.or.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan dibawah FPIK UNDIP Semarang. Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silakan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE kesemat.or.id.

Keterangan:
Jadwal MANGRES 2019 disusun secara tentative.

XII. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (ADM/KAK).

No comments:

Post a Comment