4.9.23

KeSEMaT Gelar Diklat Pembibitan, Penanaman dan Pemantauan Mangrove di KeSEMaTHURSDAY: Kelas Mangrove Sore Edisi Perdana

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali menggelar program kerja rutin mingguannya, yaitu KeSEMaTHURSDAY (KTD) yang merupakan salah satu program kerja DEPDIKTAN. Kegiatan ini berupa Kelas Mangrove Sore yang berisi diklat berupa pemaparan materi dan diskusi mengenai pengetahuan mangrove dengan narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing, yang bertujuan untuk menambah wawasan para KeSEMaTER mengenai mangrove. (24/8/2023).

KTD perdana kali ini, dimulai pada pukul 19.00 - 22.00 WIB di Kantor KeSEMaT yang menghadirkan Bpk. Aris Priyono, ST (AMaT) yang memaparkan materi mengenai Pembibitan, Penanaman dan Pemantauan Mangrove.  Pada kesempatan ini, Bpk. Aris menjelaskan secara detail mengenai teknik pembibitan, penanaman dan pemantauan mangrove yang umum dilakukan oleh KeSEMaT kepada mitra kerjanya.

“Kami menghadirkan tema Pembibitan, Penanaman dan Pemantauan Mangrove, karena materi ini sangat penting bagi kami agar dapat memahami dan mengetahui bagaimana cara melakukan pembibitan, penanaman dan pemantauan mangrove yang baik dan benar,” kata Sdri. Fitriya Ayu Setyani (MENKEU).

Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari KTD edisi perdana ini, diantaranya adalah perlakukan pembibitan untuk setiap jenis mangrove berbeda. Selanjutnya, metode penanaman mangrove dapat dilakukan dengan banjar harian, wanamina dan rumpun berjarak. Pada program pemantauan, maka kegiatan penyulaman, penyiangan, penjarangan dan perlindungan tanaman akan dapat memperbesar persentase kelulushidupan bibit mangrove yang sudah ditanam.  

Dengan memahami dan mengetahui materi di atas, maka diharapkan para KeSEMaTER akan dapat memperoleh ilmu baru yang dapat bermanfaat bagi mereka, terutama sebagai bekal dalam menjalankan program kerja kabinetnya satu tahun kedepan. (ADM).

No comments:

Post a Comment