29.12.10

Balai Penelitian Kehutanan Makassar Berkunjung ke Area Kerja KeSEMaT

Teluk Awur – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 Desember 2010 yang lalu, Bapak dan Ibu dari Balai Penelitian Kehutanan Makassar, telah melakukan kunjungan kerja ke area kerja KeSEMaT, di Demak dan Teluk Awur Jepara. Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka survei dan penyusunan agenda penelitian mereka, sekaligus studi banding untuk mengetahui kondisi mangrove di pesisir utara Jawa.

Kegiatan ini dilakukan selama satu hari, mulai dari pagi hingga malam hari. Dalam kesempatan ini, para KeSEMaTER yang turut mendampingi diantaranya adalah Bapak Sapto Pamungkas (Programme Campaigner), Sdr. Windy Indra Ardiansyah (Programme Manager), Sdr. Oky Yuripa Pradana (DP) dan Sdr. Tutus Wijanarko (DP).

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Desa Bedono dan Morosari di Demak untuk mengetahui kondisi ekosistem mangrove di sana yang telah terabrasi dan banyak mengalami reklamasi untuk tujuan pembangunan area pertambakan. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Teluk Awur Jepara, untuk meninjau lokasi kerja KeSEMaT di MECoK.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan ke MECoK, KeSEMaTER memberikan presentasi mengenai MECoK dan bertukar informasi mengenai pengalamannya dalam merehabilitasi dan mengkampanyekan ekosistem mangrove, selama kurang lebih sembilan tahun terakhir di pesisir-pesisir Indonesia. Kunjungan diakhiri dengan beberapa buah rekomendasi dan rencana pelaksanaan sebuah seminar mangrove yang konsep dan pelaksanaannya akan ditentukan kemudian.