11.12.10

Yang Lain ke Mall Nonton Bioskop, Kami ke Lumpur Tanam Mangrove!

Semarang - KeSEMaTBLOG. “Nggak keren kali, masa weekend gini, main lumpur and nanem mangrove? Males, ah. Ke mall aja, yuk...nonton bioskop, lebih oke!.” Itulah, anggapan dan ajakan sebagian dari rekan-rekan kami yang menganggap pekerjaan kami di setiap akhir pekan adalah tidak keren dan membosankan. Kewajiban kami, berkeliling dari satu desa ke desa lainnya di pesisir Jawa Tengah, di dua hari terakhir di setiap minggunya, memang telah banyak menyita waktu main-main kami ke mall, untuk sekedar mencicipi hiburan ataupun berbelanja, setelah satu minggu disibukkan dengan tugas-tugas kuliah, maupun deadline laporan, kampanye dan kegiatan mangrove kami lainnya yang dibebankan kepada kami oleh berbagai mitra kami, di kantor.

Kesibukan kami didalam melayani mangrove ke masyarakat pesisir, terutama di Jawa Tengah inilah, yang terkadang membuat beberapa teman kami sedikit “protes”, karena agak kesulitan didalam mengajak kami bermain-main, menghabiskan waktu di akhir minggu. Namun demikian, untunglah setelah berkali-kali menjelaskan, pada akhirnya mereka mau mengerti dengan kondisi dan keadaan kami yang memang “terkena” tanggung jawab, untuk bisa memberikan penyuluhan dan kampanye mangrove ke warga pesisir, demi menyelamatkan kehidupan dan lingkungan mereka.

Selanjutnya, sedikit menanggapi argumen dari beberapa rekan kami yang menganggap bahwa pekerjaan kami di Sabtu dan Minggu tidaklah keren, maka lihatlah foto di atas ini. Tidak keren bagaimana? Inilah kami, para KeSEMaTER yang ber-PSL hijau, bertopi putih-strip hijau, memegang puluhan bibit mangrove dan masuk ke lumpur-lumpur yang hitam.


Bagi kami, pekerjaan kami ini adalah pekerjaan mangrove nan mulia yang sangat-sangat keren sekali! Mengapa demikian (?), karena kami telah berhasil memberikan kesempatan kepada ribuan bahkan jutaan bibit mangrove-baru agar tumbuh dan berkembang, demi menjaga stabilitas pesisir kita dari ancaman kerusakan untuk kesejahteraan warga pesisir di Indonesia. Bagaimana menurut Anda? Anda pasti setuju bila kami berpendapat bahwa pekerjaan mangrove kami ini keren sekali, kan (?). Semoga, ya. Semangat MANGROVER!