24.12.10

Di Bedono, Puluhan Makam Terendam Air Pasang!

Bedono - KeSEMaTBLOG. Sungguh menyedihkan, di Desa Bedono Demak, tempat pemakaman yang seharusnya menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi manusia, terendam air laut! Lihatlah foto di samping ini. Ini adalah foto pemakaman di sekitar Bedono, yang dibanjiri dengan air laut. Foto ini kami ambil di bulan Desember 2010, pada saat air di sekitarnya, surut. Menurut penduduk setempat, bila air pasang mulai bergerak naik, terkadang makam-makam ini bahkan sampai tergenang, tak terlihat, lagi!

Sebagai informasi, Bedono adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Demak Jawa Tengah, yang mengalami tingkat abrasi yang sangat tinggi. Puluhan rumah telah terendam, bahkan menurut kabar, satu desa telah dipindahkan-penduduknya, ke daerah yang aman untuk menyelamatkan jiwa mereka dari terjangan air laut yang begitu mengganas.

Walaupun sekarang, Bedono sudah mendapatkan bantuan program rehabilitasi mangrove dari pemerintah dan lembaga lainnya, namun nampaknya di beberapa titik masih saja terlihat kondisi yang sangat mengenaskan, salah satunya di sekitar makam-makam, ini. Silahkan Anda cermati kembali foto di atas, sungguh sebuah tempat peristirahatan terakhir yang sangat tidak nyaman.


Pembangunan pemukiman, pembukaan area pertambakan dan pendirian bangunan-bangunan lainnya tanpa studi AMDAL yang baik dan benar di sekitar Bedono, telah menurunkan kualitas lingkungan di sana, sehingga mengakibatkan bencana pesisir seperti ini. Semoga saja, ke depan, program-program yang akan, sedang, dan telah diinisiasi oleh pemerintah, LSM, swasta dan pihak-pihak lainnya di Bedono, bisa menunjukkan keberhasilannya, sehingga masa depan Desa Bedono bisa lebih sejahtera dan baik lagi. Amin. Semangat MANGROVER!