12.12.10

KeSEMaT Kembali Tangani Program Rehabilitasi Mangrove di PT. Krakatau Steel Cilegon

Cilegon - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 – 11 Desember 2010, KeSEMaT kembali diminta untuk menjadi konsultan ahli mangrove dalam program penanaman mangrove di kawasan PT. Krakatau Daya Listrik (KDL), anak perusahaan dari PT. Krakatau Steel (KS) di Cilegon, Banten. KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo (Direktur Eksekutif) dan Sdr. Oky Yuripa Pradana (Marketing Manager) telah melakukan survei dan memberikan beberapa buah rekomendasi kepada PT. KDL mengenai wilayah yang layak untuk ditanami mangrove berikut jenis-jenis yang sesuai untuk ditanam.

Lokasi program rehabilitasi mangrove PT. KDL yang ditempuh selama kurang lebih satu setengah jam dari Bandara Internasional Soekarno Hatta ini, termasuk kedalam kawasan pantai di ujung barat Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Selat Sunda. Agenda pertama diawali dengan rapat terbatas antara KeSEMaTER dengan Tim Penghijauan PT. KDL, yang dimulai di Hari Jumat, pukul 09.00 – 11.00 WIB untuk membahas rencana lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat penanaman mangrove.

Kemudian, acara dilanjutkan mulai pukul 13.00 WIB dengan pemberian sekilas materi tentang teknik penanaman mangrove oleh KeSEMaT kepada beberapa petugas penghijauan PT. KDL yang nantinya akan melaksanakan program penanaman mangrove di lapangan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan survei lokasi penanaman mangrove, yaitu di tiga titik lokasi yang berbeda, yang direncanakan sebagai tempat pembibitan dan penanaman. Survei lapangan berlangsung sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Beberapa rekomendasi dari KeSEMaT akan dipergunakan oleh PT. KDL untuk menjalankan program penghijauan mangrove di sekitar area kerjanya. Direncanakan, KeSEMaT masih akan terus mendampingi PT. KDL dalam melakukan program monitoring dan evaluasi terhadap bibit-bibit mangrove yang akan dan telah ditanam di area kerja PT KDL, untuk memastikan kelulushidupannya berjalan dengan optimal.