23.12.10

Kiprah Para KeSEMaTER di Lokakarya Kelompok Kerja Mangrove Nasional

Semarang – KeSEMaTBLOG. Dalam sebuah kegiatan mangrove nasional, yaitu Lokakarya Kelompok Kerja Mangrove Nasional (LKKMN), yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 15 Desember 2010 di Gedung Mina Bahari milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Pusat Jakarta, Sdr. Fuad Ashari (Presiden), Bapak Arief Marsudi Harjo (IKAMaT), Bapak Rudhi Pribadi (Pembimbing), Bapak Aris Priyono (IKAMaT), Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (MENPORSI) dan Bapak Weka Mahardi (IKAMaT) yang kesemuanya adalah Keluarga Besar KeSEMaT, telah berkontribusi sebagai panitia, konseptor dan peserta LKKMN.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaTER yang bertindak sebagai peserta sekaligus panitia LKKMN, telah menggelar pameran mangrove bersama dengan institusi mangrove Indonesia lainnya, yaitu LPP Mangrove dan BAKOSURTANAL.

Para KeSEMaTER membagikan satu paket buku mangrove gratis KeSEMaT yang diproduksi bersama dengan KKP, Mangrove For the Future (MFF) dan International Union for Conservation and Nature (IUCN) kepada kurang lebih 150 peserta LKKMN yang hadir, dari seluruh Indonesia.

LKKMN menghadirkan beberapa orang moderator dan pembicara tingkat nasional mengenai konsep mitigasi dan rehabilitasi mangrove di Indonesia yang salah satunya berasal dari KeSEMaT.

LKKMN yang berlangsung selama dua hari ini, selain diramaikan dengan pameran produk mangrove, seminar dan diskusi, juga dilanjutkan dan diakhiri dengan field trip ke Banten, untuk melihat teknik perhitungan karbon di mangrove, yang wacananya mulai ramai didiskusikan di seminar-seminar mangrove di Indonesia.