29.12.10

Selamatkan Pesisir Pulau Panjang Jepara, Para MANGROVER Tanam Ribuan Mangrove!

Pulau Panjang – KeSEMaTBLOG. Untuk menyelamatkan pesisir pantai Indonesia dari abrasi pantai yang semakin hari semakin “menggila”, memang tidak dibutuhkan satu komunitas dengan latar belakang yang sama. Contohnya di pertengahan Desember 2010 kemarin, kami para KeSEMaTER yang bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Jepara, berhasil mengajak para mahasiswa, komunitas DIVER, SKPD dan perwakilan pelajar di Jepara, untuk secara bersama-sama menanam ribuan bibit Avicennia di pesisir Pulau Panjang, Jepara.

Pulau Panjang yang kini merana, memang membutuhkan ribuan bahkan jutaan bibit-mangrove-baru untuk menghijaukan kembali pesisirnya, yang kini telah rusak akibat penebangan mangrove dan pengambilan pasir-pantai secara illegal.

Lihatlah foto di atas ini. Foto ini, kami ambil disaat para MANGROVER dengan beragam latar belakang tengah melakukan pekerjaan mangrovenya secara sukarela. Lihatlah, sesaat setelah ribuan Avicennia dinaikkan ke kapal, begitu bibit-bibit mangrove ini sampai ke Pulau Panjang, para MANGROVER langsung sibuk membawanya dan mengangkutnya dengan tangan dan kotak kayu ke lokasi penanaman yang terbilang sangat sulit.


Substrat Pulau Panjang yang terkenal keras karena didominasi oleh pasir, telah menyebabkan konsep penanaman mangrove yang biasanya dilakukan di lumpur-lumpur, kini dilakukan di pasir berlumpur. Prosesi penanaman yang sangat melelahkan ini, akhirnya berhasil diselesaikan dengan baik oleh para MANGROVER, dengan sebuah harapan kelulushidupan bibit mangrove yang telah ditanam bisa optimal demi menjaga dan mencegah ekosistem mangrove Pulau Panjang dari kepunahannya di masa mendatang. Amin. Semangat MANGROVER!