8.12.10

KeSEMaTER dan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Tanam Mangrove Bersama di Tanjung Pasir Tangerang

Tangerang - KeSEMaTBLOG. Ini, adalah kali kedua, kami berjumpa kembali dengan Bapak Fadel Muhammad, selaku Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Pertemuan pertama kami, adalah sewaktu kami turut menggawangi program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan para mitra kerja lainnya, yaitu Ayo Tanam Mangrove (ATM) di Pekalongan, beberapa bulan yang lalu. Dan, saat ini, ketika ATM dilanjutkan di Tanjung Pasir, Tangerang Banten, kami kembali bertemu dengan beliau untuk mengajak dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia, agar peduli, mencintai dan menyayangi mangrovenya, dengan cara aksi langsung ke lapangan, yaitu tanam dan pelihara ribuan mangrove di pesisir Tanjung Pasir.

Lihatlah foto di atas ini. Ini adalah foto kami beserta Bapak Menteri, ketika dikerubuti oleh wartawan cetak dan elektronik, yang membanjiri lokasi ATM. Antusiasme Rekan-rekan pers dalam meliput acara ini, sangat membantu kami didalam menyebarluaskan kampanye pelestarian ekosistem mangrove, mengingat kondisi mangrove di Indonesia memang benar-benar dalam tahap yang sangat mengkhawatirkan.

Walaupun tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman mangrove tertinggi di dunia, namun tampaknya kerusakan mangrove terus saja terjadi, sebagai akibat dari pengalihfungsian lahan mangrove untuk berbagai peruntukan lainnya, yang merusak.

Untuk itulah, ATM yang memiliki konsep sebagai sebuah program ajakan untuk lebih peduli dengan mangrove di Indonesia, akan terus diselenggarakan oleh KKP di seluruh kawasan pesisir, agar masa depan mangrove Nusantara, bisa menuju ke arah perbaikannya. Amin. Semangat MANGROVER!