18.5.16

Kembangkan Riset Mangrove, KeSEMaT Bentuk Tim Mangrove Mapping dan Ekstraksi Mangrove Natural Products

Semarang - KeSEMaTBLOG. Hari ini (17/5) mulai pukul 14.00 - 17.00 WIB, bertempat di Lab. Terpadu UNDIP, Tembalang, Semarang, KeSEMaT berhasil membentuk Tim Mangrove Mapping dan Ekstraksi Mangrove Natural Products (Natprod) yang mulai akan bekerja untuk mengembangkan riset dan keilmuan di bidang pemetaan dan ekstraksi mangrove.

Dalam kesempatan ini, secara berturut-turut, Sdr. Anggi Setiabudi (staf MENDIKTAN) dan Sdr. Ramli Kartika Yudha (MENWEBNET) terpilih sebagai Koordinator Tim Ekstraksi Mangrove Natprod dan Mangrove Mapping. Kedua tim dibimbing langsung oleh Bapak Bagus R. D. A. (CEO Mangrove Map) dan Bapak Handung Nuryadi (Peneliti Natprod), keduanya adalah Alumni KeSEMaT.

"Kedepan, Mangrove Mapping dan Mangrove Natprod diproyeksikan akan bisa sesukses Mas Jamang dan Batik Bakau yang telah lebih dulu mampu mempopulerkan mangrove sekaligus meningkatkan mata pencaharian warga pesisir kita," jelas Sdr. Mahbub Murtiyoso (Presiden).

Acara diawali dengan sambutan oleh Bapak Bagus yang menjelaskan mengenai maksud dan tujuan pembentukan kedua tim ini. Dalam sambutannya, CEO Mangrove Map ini menjelaskan mengenai tujuan dan harapan ke depan mengenai program ini.

"Bekerjasama dengan CV. KeMANGI, kita akan mencoba mengembangkan pengetahuan mengenai pemetaan dan ekstraksi mangrove karena pemanfaatannya di bidang pengelolaan mangrove di pesisir Indonesia sangat penting, juga dibutuhkan. Dengan pemetaan, kita dapat lebih mudah dan cepat dalam menentukan titik-titik penanaman mangrove, dan dengan ekstraksi natprod, kita juga akan dapat membentuk warga binaan yang memproduksi sabun, shampo, dan produk alami lainnya untuk meningkatkan taraf hidup mereka," jelasnya.

"Kami ingin agar masyarakat dapat memanfaatkan hutan mangrovenya secara bijak, jangan ditebang serampangan," tambah Sdr. Ramli Kartika (MENWEBNET). "Mangrove bisa dibudidaya dan dimanfaatkan dengan baik apabila ilmu dan teknologi mengenainya dapat disampaikan dan disalurkan kepada masyarakat kita. Sudah menjadi tugas kami dalam menularkan ilmu mapping dan ekstraksi natprod ini kepada mereka," ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh Presiden KeSEMaT dan Kabinet KeSEMaT Daniswara yang tertarik dengan pengembangan kedua produk.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan pembentukan tim, pemaparan teknik kerja Mangrove Map dan Mangrove Natprod yang diakhiri dengan kunjungan ke Lab. Marine Tropical. Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan foto bersama. (ES).