21.5.16

KeSEMaT Hadiri Program Penanaman Mangrove Bersama Gubernur Jawa Tengah

Semarang - KeSEMaTBLOG. pada hari Kamis, 19 Mei 2016, mulai dari pagi hingga tengah hari, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Mahbub Murtiyoso (Presiden KeSEMaT) bersama Tim KKMD (Kelompok Kerja Mangrove Daerah) Jawa Tengah (Jateng) menghadiri kegiatan Penanaman Mangrove dan Dialog Petani Pesisir Bersama dengan Gubernur Jawa Tengah di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional yang ke-108 di Jawa Tengah.

Pada kesempatan kali ini, Gubernur Jawa Tengah diwakilkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Bapak Heru Sudjatmoko. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh SKPD terkait di Jawa Tengah, seperti DKP Jateng, Dinhut Jateng, dan BLH Jateng.

Kegiatan diawali dengan berkumpul di kantor Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Semarang pada pukul 05.00 WIB. Peserta berangkat bersama menggunakan mobil menuju lokasi Penanaman dan Dialog Petani Pesisir, yaitu Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Dari lokasi Desa Mojo menuju tempat penanaman, dilanjutkan menggunakan transportasi perahu secara bersama-sama menggunakan 10 kapal yang dikawal oleh kapal polisi laut.

Setelah sampai di lokasi, peserta kegiatan yang mencapai 200 orang ini langsung diarahkan untuk melakukan penanaman mangrove yang diawali dengan simbolisasi oleh Bapak Heru Sudjatmoko selaku Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Pada kegiatan ini, dilakukan penanaman sebanyak 1500 batang Cemara Laut (Casuarina sp) dan 1500 batang Bakau (Rhizophora sp).

“Penting bagi kita semua untuk peduli terhadap lingkungan. Saya percaya bahwa apabila kita dapat menjaga alam, maka akan terjadi keseimbangan yang harmonis antara manusia dan bumi. Terima kasih juga saya sampaikan kepada penggiat lingkungan, baik di daerah maupun luar daerah yang telah membantu upaya pelestarian lingkungan, khususnya ekosistem mangrove ini,” jelas Bapak Heru Sudjatmoko selaku Wakil Gubernur Jawa Tengah saat diwawancara setelah prosesi penanaman.

Setelah penanaman mangrove, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi kawasan ekowisata mangrove di lokasi tersebut. Rombongan bersama-sama menyusuri jembatan tracking mangrove sambil mengamati kondisi ekosistem mangrove di kawasan tersebut. Setelah itu, rombongan kembali ke aula desa, untuk selanjutnya mengikuti Dialog Petani Pesisir.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara Dialog Petani Pesisir bersama dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Dialog yang dimoderatori langsung oleh Wakil Bupati Pemalang ini, bertujuan untuk memberi kesempatan bagi warga pesisir Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang untuk dapat menyampaikan aspirasi mereka secara langsung kepada Pemerintah Provinsi.

Dialog tersebut juga dihadiri oleh beberapa Kelompok Tani, seperti Kelompok Tani Mutiara Bahari dan Bakau Mulya 2 dari daerah tersebut.

“Kami sangat senang atas kehadiran Bapak Wakil Gubernur Jawa Tengah di daerah kami, sehingga kami dapat menyampaikan keluhan-keluhan dan usulan kami demi kemajuan Desa Mojo, khususnya Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang ini. Kami berharap apresiasi kami dapat diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Provinsi,” ujar Bapak Handoyo selaku ketua Kelompok Tani Bakau Mulya 2.

Beberapa hal yang disampaikan pada dialog ini adalah pembuatan tanggul dan sodetan pada daerah muara sungai Comal di lokasi tersebut, permohonan pengadaan perahu wisata yang lebih bagus untuk menarik perhatian pengunjung, serta masih banyak lagi.

“Kegiatan penanaman dan dialog ini kita harapkan dapat menjadi salah satu langkah besar untuk upaya pelestarian mangrove di Jawa Tengah, khususnya di Desa Mojo ini. Harapannya kedepan, daerah-daerah lain yang memiliki kawasan ekosistem mangrove juga dapat dikembangkan untuk menjadi ekowisata dan kawasan ekosistem mangrove esensial demi kelestarian lingkungan,” tegas Sdr. Mahbub Murtiyoso.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah yang dilanjutkan sesi makan siang di aula Kelurahan Desa Mojo. (MEA).