16.11.19

Bertabur Inspirasi, KeSEMaT Sukses Gelar KeSEMaTBIRTHDAY 2019: Glorious KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT tepat berumur 18 tahun pada tanggal 9 Oktober 2019. Perayaannya sendiri, diperingati pada tanggal 20 Oktober 2019 dengan penyelenggaraan agenda tahunan program KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2019 yang mengangkat tema Glorious KeSEMaT: A Magnificent Story. Kali ini, KB memiliki filosofi mengenai sebuah pencapaian terbesar yang telah diraih oleh KeSEMaT, yaitu kebermanfaatan.

"Karena bagi kami, bermanfaat adalah pencapaian tertinggi," kata Sdri. Aurellia Pandini (staf MENPORSI), selaku Ketua KB 2019. "KeSEMaT sudah meraih semua penghargaan, mulai dari kampus, kota, provinsi, nasional hingga luar negeri di ASEAN. Namun, bagi kami penghargaan tertinggi kami adalah, kami berhasil menebar banyak manfaat untuk orang lain. Itulah yang kami rayakan di tahun ini," tambahnya.

Syukuran KeSE18MaT di Kantor
Sebelum acara puncak, terdapat serangkaian acara yang dilakukan. Rangkaian acara pertama dibuka dengan Syukuran KeSE18MaT yang diadakan secara internal di Kantor KeSEMaT oleh Kabinet KeSEMaT Kinetika pada tanggal 9 Oktober 2019, mulai pukul 19.30 WIB hingga 22.00 WIB.

Syukuran ini dihadiri oleh Pembimbing, DK, DP, QC, AMaT dan semua afiliasi KeSEMaT. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan dari Ketua Acara hingga Pembimbing yang kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama

"Acara semakin seru dengan adanya acara Tukar Kado," kata Sdr. Raditya R. Ananta (MENPORSI). "Senang sekali, karena semua bergembira merayakan hari lahirnya KeSEMaT ke-18 dengan beragam karya, penghargaan dan kiprahnya," jelasnya lebih lanjut.

Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing) mengharapkan agar dengan semakin bertambahnya usia KeSEMaT, maka KeSEMaT akan dapat terus menginspirasi masyarakat Indonesia di semua usia dalam melestarikan ekosistem mangrove di Indonesia dan dunia.

"Saya bangga, karena KeSEMaT sangat populer tak hanya di kalangan kementerian di level nasional saja, namun juga di semua level institusi terkait mangrove. Konsep pengembangan organisasinya juga banyak dijadikan role model oleh organisasi-organisai lainnya," kata Pembimbing. "Ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan kedepan bagi kita, agar terus konsisten mempertahankan pencapaian ini," terang Dr. Rudhi.

Bakti Sosial ke Panti Asuhan
Rangkaian acara kedua, yaitu Bakti Sosial ke Panti Asuhan yang dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2019 bertempat di Panti Asuhan Baitus Salam, Semarang.

“Bakti sosial ini, kami adakan dari siang hingga sore hari dengan tujuan untuk bertemu dengan Adik-adik panti, memberikan santunan dan bergembira bersama mereka," jelas Ketua KB 2019. "Kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa syukur kami, atas berdirinya organisasi kami, sembari berbagi rezeki kepada sesama,” tambahnya.

Pada acara ini, KeSEMaT menyerahkan santunan berupa sembako dan beasiswa pendidikan untuk anak-anak panti yang diserahkan kepada pengurus panti. Acara diisi dengan sambutan-sambutan dan kultum. Setelah makan dan doa, kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

Acara Puncak: Glorious KeSEMaT
Rangkaian acara terakhir, yaitu Malam Puncak Peringatan HUT KeSEMaT yang ke-18 bertempat di Broster Kitchen, salah satu tempat makan di Semarang. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 70 tamu undangan dari berbagai delegasi, diantaranya organisasi mahasiswa, komunitas, alumni, relawan, mitra kerja dan afiliasi KeSEMaT.

Pada pukul 19.00 WIB, acara dimulai dengan sambutan dari Sdr. Ilham Kuncahyo (Presiden), Ketua KB 2019 dan Bpk. Arief Marsudi Harjo (KeAMaT), yang mewakili Pembimbing KeSEMaT.

“Semoga dengan tercapainya ulang tahun KeSEMaT yang ke-18 ini, maka bisa memberikan kebermanfaatan yang lebih dan lebih lagi kepada masyarakat luas,” harap Presiden, ditemui pada saat acara.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan Pemutaran Video KB 2019 yang berkonsep cut off, sehingga mendapatkan apresiasi riuh rendah dari para tamu undangan.

Video Cut Off dan KeSEMaTUSTIK
"Adegan video dan drama berkonsep cut off yang diperankan oleh KeSEMaTER begitu menyentuh," kata salah satu tamu undangan. "Jujur, saya sangat terinspirasi dengan jalinan cerita yang disuguhkan di video tadi. Saya tak menyangka akan ada kejutan dari KeSEMaTER yang tiba-tiba memainkan drama setelah video selesai,” pujinya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng oleh Bpk Arief yang kemudian menyerahkannya kepada Presiden sebagai tanda Syukuran KeSE18MaT.

Euforia terus berlanjut. Pada saat makan malam bersama, KeSEMaTUSTIK tampil energik memainkan hits single-nya, seperti Mangrove Hidup Kita, Kumis di Hari Kamis dan lain-lain.

Acara ditutup dengan Kesan Pesan Tamu Undangan, Games dan Pembagian Doorprize yang kemudian ditutup dengan foto bersama. (AP/ADM).

No comments:

Post a Comment