23.1.23

Reportase Lengkap KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR 2022: Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT Angkatan XXII

Semarang - KeSEMaTBLOG. Program KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2022 merupakan Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT (ABK) Angkatan XXII Periode 2021/2022 yang sukses dilaksanakan pada tanggal 8 Juni - 6 Juli 2022. Kegiatan ini, terdiri dari II batch dengan tema "Be a Great Mangrover, Create a Better Leader." KHKT merupakan langkah awal dari para ABK XXII untuk menjadi seorang mangrover sejati, yang berjuang dalam melestarikan hutan mangrove di Indonesia. Tahun ini, KHKT 2022 dilaksanakan secara luring di Semarang dan Rembang.

Tahapan Tes Wawancara dan Tes Tertulis
Tahapan ini merupakan tahapan awal pada rangkaian KHKT 2022 yang dilaksanakan di Kantor KeSEMaT pada tanggal 21 Juni 2022. Tahapan tersebut dimulai pada pukul 10.00 - 14.30 WIB, dengan pembagian waktu setiap shift selama 50 menit.

Tes Tertulis dilakukan selama 15 menit, yang terdiri dari Tes Pengetahuan Umum mengenai ekosistem mangrove dan Tes Kepribadian.

Para Calon Anggota KeSEMaT (CAMaT) XXII sangat antusias dalam mengikuti tahapan ini. Mereka mengerjakan soal dengan baik. Proses wawancara yang dilakukan juga berjalan dengan lancar. Pada Tahapan Tes Wawancara ini, CAMaT datang lebih awal, sekitar 30 menit sebelum wawancara dimulai.

“Tahapan Tes Wawancara dan Tes Tertulis secara luring pada hari ini, berjalan lancar, dengan antusiasme yang tinggi dari para CAMaT,” ungkap Sdri. Syifa Arahmah (MENPORSI). "Tahapan tersebut juga dihadiri oleh para AMaT yang didampingi oleh para KeSEMaTER, untuk menguji para CAMaT," tambahnya.

Tahapan Pembekalan
Tahapan Pembekalan merupakan salah satu rangkaian Tahapan KHKT 2022 kedua setelah Tahapan Tes Wawancara dan Tes Tertulis yang wajib diikuti oleh para CAMaT yang lolos seleksi. Tahapan ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu 23 - 24 Juni 2022.

Pada hari pertama Tahapan Pembekalan, dilaksanakan pemaparan materi mengenai pengenalan KeSEMaT, afiliasi KeSEMaT (KeAMaT - Keluarga Alumni KeSEMaT, IKAMaT - Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT, KeMANGI - KeSEMaT Mangrove Indonesia dan KeMANGTEER - KeSEMaT Mangrove Volunteer) dan pengenalan lingkungan kantor.

Selanjutnya, pada hari kedua, para CAMaT diberikan waktu untuk saling mengenal satu sama lain dan diberikan nama mangrove masing-masing.

“Tahapan Pembekalan ini sangat seru. Saya jadi tahu banyak mengenai KeSEMaT, dan materinya juga sangat bermanfaat," ujar Sdr. Agape Lista Anthoni (CAMaT XXII). "Kakak-kakaknya juga baik dan ramah. Untuk kedepannya, saya mohon bimbingan dan semoga kita dapat menjadi lebih dekat lagi,” lanjutnya. 

Tahapan Diklat Mangrove (DIKROVE) I
Tahapan DIKROVE I dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 27 - 28 Juni 2022. Pada tanggal 27 Juni 2022, DIKROVE I diawali dengan penyampaian materi mengenai Pengertian Mangrove, Fungsi Mangrove, Flora dan Fauna Mangrove, Identifikasi Mangrove, Pembibitan, Penanaman dan Pemeliharaan Mangrove yang disampaikan oleh Sdri. Sari Poncowati (KeAMaT).

Adapun materi lainnya yang disampaikan pada tahapan DIKROVE I, yaitu Prestasi KeSEMaT oleh Sdr. Gagas Tri Pamungkas (KeAMaT), Pemetaan Vegetasi Mangrove oleh Sdr. Bagus Rahmatullah Dwi Angga (DK), Entreprenuership oleh Sdr. Oky Yuripa Pradana (KeAMaT), Scholarship oleh Sdr. Amrullah Rosadi (KeAMaT) dan yang terakhir adalah materi Herbarium Mangrove oleh Sdri. Ummi Shofia Qurrata'ayun (MENDIKTAN).

“Materi-materi yang disampaikan sangat menarik dan tidak membosankan," kata Makruf Ashari (CAMaT XXII). "Dari DIKROVE I ini, saya mendapatkan banyak ilmu mengenai mangrove, entrepreneurship hingga cara mendapatkan beasiswa luar negeri,” lanjutnya.

Pada tanggal 28 Juni 2022, dilaksanakan Tahapan DIKROVE I, hari kedua. Tahapan ini tidak kalah menarik, karena materi-materi yang disampaikan sangat berguna bagi CAMaT.

Hari kedua DIKROVE I dibuka dengan materi mengenai Analisis Struktur dan Vegetasi Mangrove yang disampaikan oleh Sdr. Zainnuri Sofyan Bisri (KeAMaT).

Selanjutnya, dilanjutkan dengan materi mengenai Teknik Speaking dan Lobbying oleh Sdr. Ghifar Naufal Aslam (KeAMaT), Manfaat dan Pengolahan Mangrove oleh Sdr. Anggoro D. B. Saputro (KeMANGI), Manajemen Waktu oleh Sdr. Ganang Rahmadika Priandono (KeAMaT) dan ditutup dengan materi tentang Karbon Mangrove yang disampaikan oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing).

Para CAMaT sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka banyak mengajukan pertanyaan dan pendapat kepada para pembicara.

“Pada Tahapan DIKROVE I, materi-materi yang disampaikan bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para CAMaT. Para CAMaT terlihat sangat antusias, terutama pada materi terakhir mengenai Karbon Mangrove, dimana materi ini sedang ramai diperbincangkan," terang Sdr. Faiz Ghoffar Ardani (Presiden).

Tahapan Ujian DIKROVE I
Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan yang pada rangkaian KHKT 2022. Tahapan Ujian DIKROVE I diselenggarakan pada tanggal 30 Juni 2022. Pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi ujian tertulis dan ujian lisan.

Pada tahun ini, kegiatan ini diikuti oleh 11 orang CAMaT yang sudah berhasil lolos pada tahapan sebelumnya, yaitu Tahapan DIKROVE I.

Tahapan ini dapat mengasah pengetahuan tentang mangrove dan menguji daya ingat para CAMaT XXII terhadap materi DIKROVE I yang sudah disampaikan oleh para pembicara.

Selain itu, para CAMaT juga dapat melatih teknik public speaking pada rangkaian Tahapan Ujian DIKROVE I, pada saat sesi ujian lisan," ujar Sdri. Dian Widyawati (MENKEU).

Tahapan KeSEMaTOUR (KT)
Pada tanggal 4 - 6 Juli 2022, KeSEMaT melaksanakan Tahapan KT yang merupakan rangkaian terakhir KHKT 2022. Pada saat KT, terdapat Prosesi Pelantikan Lapangan KeSEMaTER XXII yang berarti sebuah simbolisasi bahwa Calon ABK XXII sudah resmi menjadi ABK XXII.

KT tahun ini dilakukan secara luring di Desa Pasar Banggi, Rembang. KT hari pertama dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2022, yang dibuka dengan Sharing Session bersama Tokoh Mangrove, yaitu Sdr.  Wachana Ari Purwanto (Ketua Kelompok Tani Sidodadi Maju, Desa Pasar Banggi, Rembang). 

Kegiatan ini bertujuan agar dapat meningkatkan semangat dari para CAMaT XXII dalam melestarikan dan mengembangkan ekowisata mangrove.

“Keren sekali pada tahapan KT hari pertama ini. Saya belajar bahwa dengan semangat gotong-royong, maka akan dapat mewujudkan mimpi dalam melakukan rehabilitasi mangrove,” ungkap Sdr. Alfian Rizqi Hidayat, salah satu CAMaT XXII. 

Tahapan KT hari kedua dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2022. Pada KT hari kedua ini, para CAMaT diberikan materi dan praktik mengenai Pengambilan Data Mangrove di Lapangan dan Pengolahan Data Mangrove.

Para CAMaT juga diajak untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema mengenai “Alih Fungsi Lahan Mangrove untuk Kegiatan Pembangunan Tol Laut.” CAMaT dibagi menjadi empat kelompok yang berperan sebagai pemerintah, perusahaan, mahasiswa dan masyarakat.

Setelah acara FGD selesai, terdapat acara Pentas Seni yang menampilkan berbagai seni kreasi persembahan dari CAMaT.

KT hari ketiga dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2022. KT hari ketiga ini merupakan puncak dari rangkaian KT tahun 2022, dimana pada kegiatan ini dilaksanakan kegiatan Pembibitan dan Penanaman Mangrove, sekaligus Pelantikan CAMaT menjadi KeSEMaTER Angkatan XXII. Total CAMaT yang dilantik berjumlah 11 orang. Pada kesempatan ini, Pembacaan Janji KeSEMaTER dilakukan oleh MENPORSI.

"Saya harap, para ABK XXII  dapat mematangkan jiwa kepemimpinan dan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan sumpah KeSEMaTER dan Undang-Undang KeSEMaT yang sudah ada," kata MENPORSI. "Semoga kedepannya, para ABK dapat berkomitmen sehingga dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan agar KeSEMaT dapat mencetak prestasi-prestasi barunya di masa depan," pungkasnya.

Setelah dilakukan Pelantikan KeSEMaTER Angkatan XXII, kegiatan dilanjutkan dengan bersih diri dan penutupan. Keseluruhan rangkaian KT 2022 berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan foto bersama dan perjalanan kembali ke Semarang. (ADM/BSS/AP).

No comments:

Post a Comment