26.5.24

Usulkan Kelurahan Maritim Unggul dengan Skema CB-CRM, KeSEMaT Lolos Pendanaan PPK Ormawa Tingkat Nasional

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT mewakili UNDIP Semarang kembali sukses mendapatkan pendanaan pada Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMDIKBUD) dengan judul proposal Optimalisasi Produktivitas Masyarakat Pesisir Dengan Pendekatan Community Based Coastal Resource Management (CB-CRM) untuk Mewujudkan Kelurahan Maritim Unggul. Informasi lolosnya KeSEMaT diumumkan secara langsung di situs web PPK Ormawa. (23/4/2024).

Menurut KEMDIKBUD, PPK Ormawa merupakan pelaksanaan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan yang dalam pelaksanaannya diharapkan terus mengalami peningkatan, baik jumlah proposal, maupun jumlah organisasi kemahasiswaan dan perguruan tinggi pengusul.

Tim PPK Ormawa KeSEMaT terdiri atas 10 orang KeSEMaTER Angkatan XXIII yang diketuai oleh Sdr. Aditya Ardinugraha Maulana Azhari (Staf MENSETSI). Sdr. Aditya mengatakan bahwa dia merasa bersyukur bahwa pada tahun ini, KeSEMaT kembali dipercaya menjadi penerima pendanaan PPK Ormawa dari KEMENDIKBUD, setelah pada tahun-tahun sebelumnya menorehkan prestasi yang sama.

"Skema yang kami ajukan pada tahun ini, dengan pendekatan CB-CRM yang yang akan memberikan bantuan sarana prasarana dan penguatan kelembagaan kepada warga binaan kami, yaitu Bina Citra Karya Wanita dalam mengolah produk olahan jajanan mangrove bukan kayu-nya berlabel Mbak Jamat di SMC Jateng, Mangunharjo, Semarang, Jawa Tengah," jelas Sdr. Aditya.

Sebelum diumumkan lolos pendanaan, Tim KeSEMaT juga sudah melakukan presentasi di hadapan dewan juri PPK Ormawa Nasional secara daring.

"Kami menyampaikan banyak terima kasih atas bimbingan dari mentor-mentor PPK Ormawa Nasional kami dari internal UNDIP, dukungan dari Mas dan Mbak AMaT, dan kabinet kami di KeSEMaT yang tidak pernah habis mendukung kami," kata Dimas Saktia Widianto (Staf MENPORSI).

Menurut Sdr. Dimas, salah satu hal yang menjadikan KeSEMaT sukses lolos pendanaan PPK Ormawa Nasional pada tahun 2024 ini, yaitu kemampuannya dalam mengidentifikasi permasalahan di kawasan pesisir yang kemudian dituliskan dalam bentuk proposal yang runut, sistematis, dan komprehensif.

"Kami juga mendapatkan bantuan pendampingan penulisan proposal dan presentasi secara langsung dari QC KeSEMaT untuk menyempurnakan proposal dan presentasi kami di hadapan dewan juri PPK Ormawa Nasional," tambah Sdr. Aditya.

Saat ini, KeSEMaT sedang bersiap mengimplementasikan proyeknya di SMC Jateng, dengan harapan dapat membantu memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di kawasan pesisir Semarang, Jawa Tengah. (ADM).

No comments:

Post a Comment