9.3.11

KeSEMaT Menghadiri Diskusi Panel Penanganan Rob dan Banjir di Kota Semarang Inisiasi Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 8 Maret 2011, mulai pukul 09.00 WIB – 13.30 WIB, KeSEMaT menghadiri diskusi panel atas undangan dari Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K) Semarang untuk Penanganan Rob dan Banjir di Kota Semarang. Diskusi ini diadakan di Ruang Teater MPWK, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Undip, Tembalang. Pada Kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo, S.Kel. (Direktur Eksekutif).

Diskusi dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh ketua DP2K (Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc) dan Wali Kota Semarang yang diwakili Asisten Ahli. Diskusi panel ini menghadirkan beberapa panelis diantaranya Kabid Prasarana, Dinas PSDA-ESDM, Pusat Studi Bencana Undip dan PT. Ecolmantech.

Acara diskusi berjalan menarik karena dihadiri dan adanya tanggapan oleh para pakar/profesor. Dalam kesempatan ini KeSEMaT memberikan film Earth Report: Heads Above Water hasil liputan Mangrove For the Future (MFF), BBC London, FPIK UNDIP dan KeSEMaT, terkait rob yang ada Kota Semarang kepada DP2K.

Tujuan dari diskusi panel ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab dan solusi penanganan rob dan banjir di Kota Semarang melalui penataan ruang yang partisipatif dengan melibatkan unsur pemerintah, masyarakat, universitas, LSM dan swasta. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengidentifikasi mekanisme dan agenda dialog platform yang efektif dan operasional. Diskusi panel ini rencananya akan diadakan secara reguler.

Selain KeSEMaT, kegiatan yang diinisiasi oleh DP2K ini, juga dihadiri oleh para profesor, praktisi, akademisi dan dinas pemerintahan provinsi dan Kota Semarang. Acara yang diakhiri dengan pembacaan rumusan dan rekomendasi oleh Ketua DP2K ini, direncanakan akan diadakan kembali, beberapa waktu mendatang, untuk membahas mengenai pemantapan kajian.