30.3.11

APPLY NOW. Mangrove Cultivation 2011 : Mangrove For Biodiversity!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Keprihatinan yang besar dari kami akan kerusakan mangrove yang terus saja terjadi di wilayah pesisir Indonesia bahkan dunia, membuat tahun ini, kami mencoba untuk mengkampanyekan penyelamatan mangrove di Mangrove Cultivation (MC) 2011 dengan mengangkat tema besar, yaitu “Mangrove For Biodiversity - Mangrove untuk Menjaga Keanekaragaman Hayati”. Tema ini sengaja kami usung, dengan satu tujuan agar pelajar, mahasiswa dan masyarakat luas serta siapa saja yang hidup di bumi ini, semakin menyadari bahwa tanpa mangrove maka wilayah pesisir kita akan “musnah”. Peran penting mangrove sebagai penyeimbang ekosistem pantai bahkan iklim dunia, mungkin tidak pernah disadari oleh sebagian dari kita, sehingga dengan seenaknya kita terus saja menggerogoti isi perut mangrove dengan segala flora dan fauna yang terkandung di dalamnya.

Mungkin, tak pernah terpikirkan sedikitpun oleh kita, bahwa penggerogotan ini, akan mematikan mangrove dengan segala kehidupan yang ada di dalamnya, karena mangrove adalah tempat bergantung hidup bagi jutaan jenis tumbuhan, hewan dan manusia!

Keanekaragaman hayati yang terkandung di mangrove, memang luar biasa. Sebagai salah satu ekosistem yang memiliki tingkat produktivitas tertinggi di bumi, mangrove menyimpan plasma nutfah yang luar biasa, yang bila punah, tak ada yang bisa menggantikannya, lagi.


Maka, diperlukan usaha bersama dari kita untuk mulai menjaga kelestarian mangrove, tanpa memandang keanekaragaman diri kita. Sesuai dengan siluet mangrove yang tergambar di Pamflet MC 2011, maka keanekaragaman hayati yang ada di mangrove, membutuhkan cinta kita dalam pengelolaannya, tanpa memandang warna dan latar belakang kita.

Hijau, Kuning, Coklat, Merah, Ungu dan warna lainnya, tak akan berarti lagi, dan sudah sewajibnya melebur menjadi satu, demi menjaga kelestarian mangrove di masa datang. Dan, dengan nuansa seperti inilah, MC 2011 dihadirkan ke hadapan Anda! Bagi yang berminat mengikuti MC 2011, pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 17 April 2011. Informasi selengkapnya dan formulir pendaftaran MC 2011, bisa dicermati dan diunduh di sini. Semangat MANGROVER!