25.3.11

Reportase KeSEMaTHURSDAY Edisi II : Fungsi dan Manfaat Mangrove

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 24 Maret 2011, mulai pukul 16:30 WIB – 18:30 WIB, KeSEMaT melalui Departemen Pendidikan dan Penelitian (DEPDIKTAN) kembali mengadakan program rutin mingguannya, yaitu KeSEMaTHURSDAY (KT), berupa sebuah program diskusi dan presentasi mengenai mangrove yang diikuti oleh para KeSEMaTER dan masyarakat umum. Kali ini, KT menghadirkan Sdr. Annisa Pertiwi (Anggota) sebagai pembicara, dengan tema presentasi mengenai Fungsi dan Manfaat Mangrove.

Acara yang diikuti oleh 20-an peserta ini, dibuka dengan pembukaan dan pemaparan materi yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang terbagi menjadi tiga termin.

Beberapa pertanyaan dan diskusi yang mengemuka di KT Edisi II ini, diantaranya adalah tentang kendala silvofishery, deskripsi fungsi dan manfaat mangrove dan konsep pandang holistik ekosistem mangrove. Kesimpulan yang bisa diambil dari diskusi KT II adalah bahwa konsep pandang holistik sangat diperlukan untuk menjawab dan mengatasi permasalahan yang terjadi di mangrove, akhir-akhir ini. Dengan memandang permasalahan mangrove sebagai permasalahan keseluruhan ekosistem yang terkait dengannya, maka akan didapatkan sebuah penyelesaian yang lebih optimal. Semangat MANGROVER!