7.3.11

KeSEMaT Menghadiri Seminar Share With Butterfly Green Community Universitas Negeri Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 Maret 2011, KeSEMaTER yang diwakili oleh Sdr. Oky Yuripa Pradana (DP), Sdri. Hilda Yuli Hermayanti (Staf MENSEK) dan Sdri. Ratih Wulan Bani (staf MENKEU) telah memenuhi undangan seminar bertema “Share With Butterfly” yang diadakan oleh komunitas pecinta lingkungan Green Community dari Fakultas MIPA, Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Seminar yang diselenggarakan di lantai II PKMU UNNES ini, dimulai dari pukul 09.00 WIB - 13.00 WIB. Acara menghadirkan narasumber yang memberikan pemaparan lengkap tentang daur hidup kupu-kupu.

Beberapa hal yang bisa ditarik kesimpulan dari seminar ini, antara lain adalah bahwa ditemukan kupu-kupu di daerah pantai dari jenis Danaus sp yang memiliki corak coklat bergaris hitam. Mangrove jenis Rhizophora dan Avicennia sering dijadikan sebagai tempat inang bagi kupu-kupu tersebut.

Secara garis besar, kupu-kupu bisa dijadikan sebagai indikator kondisi suatu lingkungan mulai membaik, tak terkecuali ekosistem mangrove. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, maka akan dapat memberikan pengetahuan kepada semua kalangan mengenai pentingnya menjaga suatu lingkungan untuk keseimbangan suatu ekosistem sehingga secara otomatis dapat membantu melestarikan kupu-kupu, khususnya di hutan mangrove dan lingkungan sekitarnya. Semangat MANGROVER!