14.3.11

Reportase Tahapan Penanaman MANGROVE RESTORATION 2011

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 Maret 2011, mulai pukul 09.00 WIB – 13.00 WIB, KeSEMaT yang bekerjasama dengan Kelompok Pemuda PRENJAK, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jawa Tengah, KeMANGTEER (yang diantaranya berasal dari Universitas Pandanaran dan Universitas Diponegoro Semarang) dan beberapa mitra kerja lainnya, telah sukses melaksanakan Tahapan Penanaman dan Penyulaman Mangrove, yang merupakan tahapan terakhir dari program konservasi mangrove KeSEMaT, bertajuk MANGROVE RESTORATION (MANGRES) 2011.

Tahapan terakhir MANGRES 2011 ini, diadakan di Dusun Tapak, yang merupakan sebuah area mangrove di Semarang dengan tingkat kerusakan dan abrasi pantai yang cukup tinggi. Kurang lebih 30 orang KeSEMaTER, KeMANGTEER, pelajar dan warga sekitar Tapak, turut terlibat dalam program penyelamatan pesisir Tapak, ini.

Acara dimulai dengan sambutan-sambutan dari KeSEMaT, PRENJAK dan Koordinator Lapangan MANGRES 2011, yang kemudian diikuti dengan penanaman bibit mangrove jenis Avicennia di pematang tambak warga.


Dalam program ini, telah ditanam kurang lebih 1500 bibit mangrove sumbangan dari beberapa mitra dan donatur KeSEMaT, diantaranya dari BLH Jawa Tengah. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan makan siang bersama, pembagian sertifikat kepada para KeMANGTEER, doa dan foto bersama.