24.3.11

Yang Muda Yang Mengguncang Dunia!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Bila dibandingkan dengan para oknum perusak mangrove, tentu saja jumlah kami kalah banyak. Bagaikan satu tetes tinta yang jatuh ke sungai, maka memang kami tak mampu mengejar jumlah debit sang Anti Konservasi Mangrove, yang setiap detik selalu deras mengalir, lahir dan bermunculan ke muka bumi. Namun demikian, walaupun jumlah kami memang sedikit, kami tidak takut. Setiap tahun, kami terus berkoloni, bermutasi hingga menggurita, untuk menghadapi para penjajah mangrove yang terus menerus tumbuh bagaikan jamur di musim hujan.

Setiap tahun, kami selalu mengadakan program regenerasi tahunan kami yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para generasi muda di Jurusan Ilmu Kelautan dan Oseanografi Universitas Diponegoro, untuk mendarmabaktikan dirinya kepada mangrove dan masyarakat pesisir serta berjuang menghadapi para musuh mangrove, tersebut.

Tentu saja, perjuangan kami tidak mudah. Selain menghadapi rongrongan para oknum perusak mangrove yang berjumlah jutaan itu, kami yang rata-rata masih berumuran 20 tahun ini, juga masih harus berhadapan dengan beberapa pihak yang kiranya masih tetap apriori dengan niat baik kami dalam mencoba menyelamatkan mangrove dan masyarakat pesisir kami. Tak segan-segan, mereka seringkali melemahkan semangat kami dengan berbagai cara.


Namun tak mengapa, kami selalu berpikir positif, karena seiring berjalannya waktu dan pergantian generasi, kami berkeyakinan, bahwa suatu saat, mereka pasti akan mengerti, memahami dan bahkan berbalik mendukung niat tulus dan ikhlas kami yang bekerja secara voluntary, demi penyelamatan mangrove dan masyarakat pesisir, untuk generasi mendatang yang lebih baik.

Banyak yang melemahkan kami, tapi tidak sedikit pula yang mendukung kami. Hal ini terbukti, dari semakin banyaknya perorangan dan komunitas yang mulai mengadopsi konsep konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove kami ke afiliasinya masing-masing.


Hal ini membuat kami bangga, karena semangat muda kami dalam berjuang menyelamatkan mangrove telah menginspirasi dan mendapatkan banyak apresiasi positif dari teman-teman seperjuangan kami di Indonesia bahkan luar nusantara. Satu harapan kami, semoga saja semangat muda dan ide-ide kreatif konservasi mangrove kami akan terus menggelora sehingga bisa terus mengguncangkan dunia. Amin. Semangat MANGROVER!