17.3.11

Peringati Hari Kehutanan Internasional, KeSEMaT dan KKMD Jawa Tengah Pamerkan Produk Unggulannya di Rimba Graha Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Bertempat di halaman Gedung Rimba Graha Semarang Jawa Tengah, dalam rangka peringatan Hari Kehutanan Internasional, KeSEMaT bersama dengan anggota lainnya, telah mewakili Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Jawa Tengah (JATENG) untuk memamerkan produk, program kerja dan kegiatan mangrovenya. Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan program dan produk kehutanan ini berlangsung mulai pukul 07.00 WIB yang dibuka dengan Upacara Pembukaan, dipimpin langsung oleh Setda Provinsi JATENG.

Upacara berlangsung dengan khidmat yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke beberapa stand pameran yang telah siap memamerkan keunggulannya masing-masing. Setda yang didampingi oleh kepala Dinas Kehutanan Jawa Tengah berkeliling meninjau dan mewawancarai secara langsung, satu-persatu peserta pameran dari puluhan stand pameran yang ada.

Tak hanya KKMD JATENG saja, dalam acara ini, juga berpartisipasi beberapa instansi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berhubungan dengan program-program kehutanan di JATENG. Berbagai produk yang dipamerkan KKMD Jawa Tengah antara lain adalah souvenir, buku, dan berbagai media ilmu pengetahuan dan kampanye mangrove yang dipaparkan oleh KeSEMaT.


Selain itu, juga dipamerkan beberapa produk langsung hasil olahan dari mangrove berupa makanan, seperti bolu mangrove, puding mangrove, kepiting dan udang hasil tambak di kawasan mangrove Mangunharjo.

Selain pameran, acara juga dimeriahkan dengan seminar yang membahas mengenai zat pewarna-buatan dari tanaman indigo sebagai zat pewarna alami yang disampaikan oleh beberapa pakar. Keseluruhan acara ditutup pada pukul 14.00 WIB, yang ditandai dengan selesainya seminar dan penutupan stand pameran. 


Diharapkan, dengan kegiatan ini, maka akan dapat memacu potensi lokal dalam bidang kehutanan termasuk mangrove yang saat ini sangat membutuhkan perhatian yang serius dari berbagai kalangan, baik itu masyarakat pemerintah maupun swasta. Semangat MANGROVER!