8.5.11

KeSEMaT Menjadi Pembicara di GLADILANSUS RACANA DIPONEGORO Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 8 Mei 2011, bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Joglo Universitas Diponegoro (UNDIP) Pleburan Semarang, Unit Kegiatan Mahasiswa RACANA UNDIP telah mengadakan acara GLADILANSUS RACANA DIPONEGORO, dengan tema “Pengolahan Biji Mangrove Sebagai Peluang Usaha”. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diundang sebagai pembicara. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Fuad Ashari (Presiden), Sdri. Rina Setyowati Sulistyoningrum (MENKEU), Sdr. Kamto Wahyono (staf MENDIKTAN), dan Sdr. Ganis Riyan Efendi (staf MENWEBNET) telah menyampaikan dua materi mangrove.

Materi yang pertama adalah “Mari Belajar Mangrove” yang disampaikan oleh Sdr. Fuad Ashari. Materi berisi tentang penjelasan umum mengenai mangrove dan cara-cara pembibitan, penanaman dan pemeliharaannya. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan Lomba Cerdas Cermat Mangrove, yang pertanyaannya diambil dari materi yang telah dijelaskan sebelumya. Materi selanjutnya, disampaikan oleh Sdri. Rina Setyowati Sulistyoningrum yang berjudul “Produk Olahan Makanan Berbahan Dasar Mangrove”, yang berisi tentang pengenalan makanan dan minuman berbahan dasar mangrove dan cara pembuatannya, seperti tempe, bolu, puding dan lain-lain. Setelah pemberian materi ruangan, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pembuatan makanan.

Di sesi terkahir, panitia menyerahkan kenang-kenangan berupa plakat yang ditujukan untuk KeSEMaT, selaku pemateri. Diharapkan, dengan adanya penyuluhan mangrove tersebut, maka para peserta GLADILANSUS RACANA UNDIP dapat menerapkan materi mangrove yang telah diberikan. Pemberian materi mangrove ini, diharapkan sebagai pembelajaran bagi Anggota RACANA UNDIP yang notabene bergerak di bidang lingkungan. Semangat MANGROVER!