23.5.11

Mangrove Masuk Mall!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Kami senang, kini mangrove tak jadi sesuatu hal yang langka lagi. Berkat perjuangan kami yang lumayan keras selama sepuluh tahun terakhir, di tahun 2011 ini, pada akhirnya kami mampu menghadirkan mangrove ke sebuah mall di Semarang. Beberapa waktu yang lalu, dengan media musik, yaitu KeSEMaTUSTIK, mangrove bisa kami kampanyekan ke komunitas urban, yang kiranya tak berhubungan langsung dengan mangrove, namun merasakan manfaat langsung dari keberadaannya.

Komunitas perkotaan yang identik dengan pemborosan karbon, seakan tak sadar bahwa mangrove mampu menyerap zat racun itu untuk kemudian diendapkan di daun dan serasahnya, selama berjuta tahun. Sayangnya, oknum urban yang tak tahu menahu mengenai mangrove, malah membabi buta membabat mangrove demi kepentingan sesaat, yaitu pemuasan nafsu mereka semata. Padahal, mangrove mampu menyerap zat penyebab lubangnya ozon dan pemanasan global itu, lima kali lebih besar dari hutan daratan!

Lihatlah gambar di atas, ini adalah suasana disaat KeSEMaTUSTIK tampil di salah satu mall-besar di Semarang, menghibur para pengunjung mall dengan lagu-lagu mereka yang berlirik kampanye penyelamatan mangrove. Menyanyikan hit single lagu mereka, yaitu “Mangrove Hidup Kita”, mereka mampu menarik minat pengunjung mall yang rata-rata belum mengetahui keberadaan mangrove dan juga tidak mengerti mengenai arti penting dan manfaatnya bagi kehidupan manusia dan keberlanjutan alam kita.


Sambutan hangat dan apresiasi yang baik dari para pengunjung terhadap KeSEMaTUSTIK, membuktikan bahwa mangrove apabila dikampanyekan dengan cara yang baik, maka akan bisa diterima dengan sepenuhnya oleh masyarakat kita. Semoga saja dengan demikian, maka informasi mangrove bisa lebih tersebar meluas ke semua kalangan demi masa depan bumi yang lebih indah. Amin. Semangat MANGROVER!