21.5.11

Satu Jam Lebih Dekat Dengan Mangrove

Jepara - KeSEMaTBLOG. “Satu Jam Lebih Dekat Dengan Mangrove!” Begitulah ungkapan dari beberapa peserta praktikum (praktikan) Marine Botany (MB) 2011, Program Studi Oseanografi Ilmu Kelautan UNDIP Angkatan 2010, setelah selesai mengikuti kegiatan praktikum yang dibimbing langsung oleh para KeSEMaTER, di pertengahan Mei 2011. Acara praktikum dimulai dari GSG UNDIP Semarang untuk registrasi, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemberangkatan menuju ke Teluk Awur, Jepara.

Sesampainya di Asrama Mahasiswa Ilmu Kelautan UNDIP Jepara, pada pukul 08.00 WIB, praktikan yang berjumlah 130 mahasiswa ini, langsung melakukan persiapan dan praktikum mangrove di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK).

Dalam kesempatan ini, para KeSEMaTER yang diwakili oleh Sdr. Farhan Pramudito (Alumni) dan Sdr. Oky Yuripa Pradana (DP) selaku asisten praktikum MB, telah mengajarkan teknik identifikasi mangrove yang baik dan benar. Kurang lebih selama satu jam, dari 26 jenis mangrove yang ada, KeSEMaTER hanya mengenalkan beberapa spesies saja untuk proses pembelajaran, yang mewakili komponen mayor, minor dan asosiasi.


Mengingat antusiasme praktikan dalam praktikum MB, kedepan dibutuhkan mata kuliah mangrove tersendiri, untuk mempelajari tentang manfaat dan fungsi mangrove sehingga bisa lebih digali, diteliti dan dipahami lagi, untuk menjaga kelestariannya di masa depan. Semangat MANGROVER!