4.5.11

KeSEMaT Sukses Selenggarakan Mangrove Cultivation 2011 : Seminar Nasional, Pelatihan, Penyuluhan, Pembibitan dan Penyulaman Mangrove

Teluk Awur – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 29 April - 1 Mei 2011, KeSEMaT kembali sukses menyelenggarakan program konservasi mangrove tahunannya bertajuk Mangrove Cultivation (MC) 2011 : Seminar Nasional, Pelatihan, Penyuluhan, Pembibitan dan Penyulaman Mangrove, yang dalam kesempatan ini mengambil tema “MANGROVE FOR BIODIVERSITY” (MFB). Bertempat di Kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) di Teluk Awur Jepara, acara ini bertujuan sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem angrove kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

Tidak hanya itu, peserta juga diberikan pengetahuan mengenai keanekaragaman flora dan fauna yang ada di hutan mangrove, yang dilanjutkan dengan pelatihan tentang teknik pembibitan, penanaman dan penyulaman untuk menjaga keberlangsungan ekosistem mangrove.

Peserta dibagi menjadi dua bagian, yaitu peserta Seminar Nasional, dan peserta pelatihan pembibitan dan penyulaman mangrove. Peserta MC 2011 terdiri dari tiga negara, yaitu Indonesia, China dan Philipina yang terdiri dari 6 universitas dan lembaga advokasi lingkungan, dengan total peserta 120 orang. Sedangkan untuk peserta Seminar Nasional, diikuti juga oleh beberapa universitas, SMA dan SMK dari Jepara dan sekitarnya.

Puncak acara dari kegiatan ini adalah Seminar Nasional Mangrove yang bertemakan MFB yang dikemas dalam format diskusi panel dan mempertemukan tiga orang Panelis, yaitu Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) Jakarta, Mangrove For The Future (MFF) Jakarta dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jawa Tengah.


Diharapkan, setelah selesainya acara MC 2011 yang bertemakan MFB ini, para peserta MC 2011 akan bisa menerapkan ilmu mangrove yang didapatkan dan bisa mengaplikasikannya dalam praktek konservasi mangrove, di kawasan mangrove yang ada di daerah dan negaranya masing-masing.