28.5.11

KeSEMaT Pertanyakan Jaminan Kepemilikan Lahan Mangrove di Konsultasi Publik Penyusunan RENSTRA Pengelolaan Pesisir Kota Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 26 Mei 2011, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Sapto Pamungkas (Program Campaigner) dan Sdr. Fuad Ashari (Presiden), telah menghadiri Konsultasi Publik (KP) Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) Pengelolaan Wilayah Kelautan dan Pesisir Kota Semarang. KP yang diselenggarakan di Hotel Quest Semarang ini, diselenggarakan mulai dari pagi hingga tengah hari, yang menghadirkan para pakar, praktisi, akademisi, LSM, dinas pemerintahan, masyarakat dan stake holder terkait pesisir dan mangrove lainnya, yang ada di Semarang dan sekitarnya.

Dalam kesempatan ini, materi RENSTRA Pengelolaan Pesisir Jawa Tengah dan Kota Semarang, secara berturut-turut, masing-masing telah disampaikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang dan sebuah konsultan di Semarang. Dalam sesi diskusi, KeSEMaT mempertanyakan mengenai jaminan pemerintah mengenai kepemilikan lahan mangrove di pesisir Jawa Tengah dan Semarang pada khususnya, mengingat banyaknya alih fungsi lahan mangrove menjadi pertambakan, pemukiman, daerah industri dan lain-lain yang mengancam kelestarian mangrove. Di akhir KP, disimpulkan mengenai pentingnya sinergi semua stake holder untuk membangun pesisir dan mangrove secara bersama-sama.