27.5.11

Pendaftaran Mangrove Training 2011 : Seminar Regional Mangrove : Pemetaan, Pemanfaatan Buah Mangrove Dalam Bidang Kesehatan dan Teknik Rehabilitasi Mangrove, Telah Dibuka!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi. Mengingat pentingnya fungsi dan manfaat mangrove bagi kehidupan alam dan manusia, maka perlu dilakukan penanganan yang serius untuk mengurangi efek dari kerusakan mangrove sebagai upaya untuk pengelolaan ekosistem di wilayah ini. Salah satu langkah yang yang bisa dilakukan adalah merehabilitasi ekosistem mangrove. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian untuk dapat mengetahui spesies mangrove yang ada di lokasi penelitian berikut kondisi vegetasinya, yang pada akhirnya dapat digunakan oleh berbagai pihak sebagai acuan untuk mengelola kawasan mangrove.

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi semakin pesat dan salah satunya, yaitu dari bidang penginderaan jauh. Banyak sekali pemanfaatan penginderaan jauh untuk bidang kelautan dan salah satunya adalah untuk pemetaan mangrove. Pada bidang mangrove, penginderaan jauh dapat digunakan untuk mengetahui luasan suatu kawasan mangrove dengan tujuan untuk memantau kondisi kawasan ekosistem mangrove pada suatu daerah.

Di samping itu, pemanfaatan buah mangrove dalam bidang kesehatan juga perlu ditumbuhkembangkan, sehubungan dengan khasiat yang terkandung dalam buah mangrove ini yang sangat beragam, tidak hanya sebagai bahan dasar pembuatan makanan tapi juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Pemanfaatan yang lestari merupakan salah satu bagian dari rehabilitasi hutan mangrove. Kondisi ekosistem mangrove yang memprihatinkan di Pantai Utara Jawa harus segera ditindaklanjuti dengan upaya rehabilitasi dan konservasi lainnya.

Atas dasar-dasar tersebut di atas, maka KeSEMaT melakukan kegiatan Mangrove Training (MT) 2011 untuk menumbuhkembangkan semangat penelitian di bidang ekosistem mangrove kepada kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat luas.

TUJUAN UMUM
Mengembangkan pengetahuan mengenai pemetaan zonasi mangrove, mengetahui manfaat buah mangrove dalam bidang kesehatan dan mengkampanyekan teknik rehabilitasi hutan mangrove ke kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

TUJUAN KHUSUS
Memberikan pengetahuan dasar kepada Anggota KeSEMaT dan peserta MT 2011 tentang pemetaan zonasi mangrove untuk menentukan lokasi rehabilitasi hutan mangrove beserta pemanfaatan buah mangrove dalam bidang kesehatan.

ACARA, WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Minggu, 19 Juni 2011
Waktu : 09.00 - 14.00 WIB
Tempat : Gedung Dekanat Lantai III Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) Tembalang Semarang

DESKRIPSI ACARA
MT 2011 dimulai pada Hari Minggu, 19 Juni 2011, pukul 09.00 WIB dengan registrasi peserta di Gedung Dekanat Lantai III FPIK UNDIP Tembalang. Kegiatan Seminar Regional Mangrove (SRM) MT 2011 direncanakan akan dibuka oleh Walikota Semarang. SRM MT 2011 akan mendatangkan tiga pembicara. Pembicara pertama, akan memberikan materi tentang pemetaan zonasi mangrove dengan penginderaan jauh, yang akan disampaikan oleh Bapak Muhammad Helmi, S.Si, M.Si yang merupakan Praktisi Penginderaan Jauh (Inderaja) FPIK UNDIP Semarang. Pemateri kedua, yaitu materi tentang pemanfaatan buah mangrove dalam bidang kesehatan yang akan disampaikan oleh Bapak Dr. Khairul Anam, seorang Peneliti dari Fakultas MIPA UNDIP Semarang. Materi yang terakhir, yaitu tentang teknik rehabilitasi mangrove, akan disampaikan oleh Bapak Yusran Nurdin, seorang Praktisi Mangrove dari Mangrove Action Project (MAP) Yogyakarta. Acara akan dikemas dalam format diskusi panel yang dipimpin oleh seorang moderator. Selama coffee break dan makan siang, peserta MT 2011 juga akan dihibur dengan tampilan band musik berlirik mangrove dari KeSEMaT, yaitu KeSEMaTUSTIK.

PEMBICARA SEMINAR REGIONAL MANGROVE
1. Bapak Muhammad Helmi, S.Si, M.Si - Praktisi Inderaja FPIK UNDIP.
2. Bapak Dr. Khairul Anam - Peneliti Fakultas MIPA UNDIP Semarang.
3. Bapak Yusran Nurdin - Praktisi Mangrove Action Project (MAP) Yogyakarta.

KUOTA PESERTA
Para peserta MT 2011 adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dari Semarang dan sekitarnya, berjumlah kurang lebih 120 orang.

UNDANGAN
Para tamu undangan yang direncanakan akan hadir di MT 2011, yaitu Walikota Semarang (Drs. H. Soemarmo HS, MSi), Dinas Kelautan Perikanan, Semarang, Dosen Ilmu Kelautan UNDIP. Dekan, Pembantu Dekan dan Dosen Ilmu Kelautan UNDIP, Sekolah Menengah Atas di Semarang, Swasta, KeSEMaTER, Kabinet KeSEMaT Periode 2010/2011 dan Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT) dan KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER).

PENDAFTARAN
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 29 Mei 2011 – 12 Juni 2011, dan bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

ONLINE
Formulir pendaftaran MT 2011 yang telah diunduh dengan lengkap di sini, dan dikirimkan kembali ke email kesemat@undip.ac.id Subject : Nama Anda_Universitas/SMA/instansi_Pendaftaran MT 2011, disertai dengan scan bukti/nota transfer dana Anda. Selanjutnya, Panitia MT 2011 akan mengirimkan (1) Kwitansi MT 2011, (2) jadwal acara dan informasi lainnya.

KANTOR KeSEMaT
Kantor KeSEMaT
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275
Jawa Tengah INDONESIA
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

BIAYA
Pelajar Rp 40.000,-
Mahasiswa Rp 60.000,-
Umum Rp 80.000,-

PEMBAYARAN
Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke Nomor Rekening
A.N. : Sartika V. Silalahi (Bendahara MT 2011)
Nomor Rekening : 136-00-0737569-1
Bank : Mandiri Cabang UNDIP Tembalang

FASILITAS
Sertifikat, seminar kit dan coffee break.

KONTAK
Segala korespondensi berkenaan dengan MT 2011, bisa disampaikan kepada:

Sdr. Rohmat Kuslarsono
Staf Menteri Pendidikan dan Penelitian (SMENDIKTAN)
HP. 08562822420

KANTOR KeSEMaT
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275
Jawa Tengah INDONESIA
P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) di bawah Jurusan Ilmu Kelautan FPIK UNDIP Semarang.

PENUTUP
Demikian TOR ini kami susun, sebagai bahan acuan demi suksesnya acara MT 2011. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.