5.5.11

Konsultan KeSEMaT Beri Pelatihan Teknik Pembibitan Mangrove Kepada Peserta Mangrove Cultivation 2011

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pelatihan Teknik Pembibitan Mangrove, menjadi salah satu pelatihan mangrove yang paling ditunggu oleh para Peserta Mangrove Cultivation (MC) 2011. Sesuai dengan namanya, maka MC 2011, memang difokuskan pada pelatihan pembibitan mangrove yang salah satunya bertujuan untuk melatih para peserta MC 2011 agar memiliki keterampilan yang cukup dalam membibitkan berbagai jenis buah mangrove, untuk diaplikasikan ke daerah dan negaranya, masing-masing.

Hal inilah, kiranya yang menarik perhatian para peserta MC 2011 sehingga MC 2011 bukan lagi merupakan pelatihan mangrove nasional saja, tetapi internasional, karena selain diikuti oleh peserta dari luar Jawa, juga diikuti oleh para peserta dari Philipina dan China.

Pelatihan Pembibitan Mangrove, disampaikan secara langsung oleh Konsultan KeSEMaT, yaitu Sdr. Oky Yuripa Pradana (DP) dan Bapak Sapto Pamungkas, S.Kel (Programme Campaigner) di Kampus Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP Teluk Awur, Jepara. Kedua Konsultan KeSEMaT ini, menjelaskan secara detail dan terperinci mengenai teknik pembibitan spesies mangrove yang memiliki tipe buah vivipari, diantaranya Rhizophora, Ceriops, Bruguiera dan lain-lain.


Pelatihan Pembibitan Mangrove yang diadakan setelah Seminar Nasional Mangrove bertajuk Mangrove for Biodiversity ini, menarik minat banyak peserta. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta pelatihan mangrove, diantaranya mengenai jenis mangrove yang cocok ditanam di substrat berpasir, teknik perendaman propagul, cara membibitkan buah mangrove dalam polybag, dan lain-lain. Pelatihan mangrove ditutup dengan kesimpulan dan praktek pembibitan mangrove secara langsung di MECoK.