6.5.11

Pejuang Mangrove Muda, Aktor Dibalik Suksesnya Mangrove Cultivation 2011!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Kurang lebih seminggu sudah, perhelatan akbar program konservasi mangrove tahunan KeSEMaT, Mangrove Cultivation (MC) 2011, telah berlalu. Namun demikian, hingga artikel ini kami tulis, gaungnya masih saja terasa, terutama yang membicarakan mengenai kesuksesannya. Salah satu yang paling sering dibicarakan adalah siapa dibalik suksesnya MC 2011 (?) sehingga MC 2011 mampu menghadirkan ratusan orang peserta dari dalam dan luar negeri, menyelenggarakan seminar nasional mangrove, menyampaikan pelatihan mangrove berbobot, mendatangkan pembicara nasional, mengonsep pelatihan mangrove dengan optimal, membuat pelatihan mangrove menjadi sangat menyenangkan, wisata yang menarik, dan lain-lain.

Lihatlah foto di atas ini. Inilah mereka, para Pejuang Mangrove Muda (PM2) yang tergabung dalam Kabinet KeSEMaT MANDIRI Periode 2010/2011. Mereka inilah para KeSEMaTER Angkatan X dan XI, panitia MC 2011, sekaligus aktor dibalik suksesnya MC 2011! Setidaknya, para PM2 sudah bekerja selama tiga bulan sebelum Hari H, berjibaku dengan segala macam rapat, perijinan, pembuatan proposal, audiensi-audiensi di dinas-dinas lingkungan dan perusahaan, berhubungan dengan banyak instansi dan institusi terkait, dan lain-lain sehingga mampu menghadirkan MC 2011 yang megah. Usia mereka yang rata-rata masih 20 tahun, tak sedikitpun mengurangi kualitas MC 2011 sehingga bisa dinikmati dan dipuji oleh semua kalangan.

Awal “karir” para PM2 di KeSEMaT, dimulai sejak Desember 2010 yang lalu di program Open Recruitment Anggota Baru KeSEMaT, KeSEMaTHUNT KeSEMaTOUR (KHKT) 2010. Selanjutnya, setelah diterima secara resmi, selama tiga bulan berikutnya, mereka telah dilatih, digembleng dan diterjunkan langsung ke berbagai program mangrove KeSEMaT, seperti penelitian, pertemuan, rapat dan bahkan ke masyarakat pesisir, sehingga mampu memiliki pengetahuan dan kemampuan mangrove yang cukup. Dengan bekal inilah, mereka mampu menyelenggarakan MC 2011 dengan sangat baik.


Pengalaman mereka selama lima bulan ini bekerja di KeSEMaT dan bertemu dengan banyak stakeholder mangrove, telah membantu mereka dalam mengoptimalkan MC 2011 sehingga mampu menginspirasi komunitas muda lainnya, untuk melaksanakan kegiatan serupa di beberapa lokasi di Indonesia. Selamat buat Kabinet KeSEMaT MANDIRI. Semangat MANGROVER!