30.5.11

KeSEMaTER : Senangnya Membagi Ilmu Mangrove ke Calon Ibu Bidan-Muda!

Ungaran - KeSEMaTBLOG. Di akhir Mei 2011 ini, kami senang sekali karena telah diberikan kesempatan oleh pihak Akademi Kebidanan (AKBID) Ngudi Waluyo Ungaran Semarang, untuk memberikan kampanye penyelamatan ekosistem mangrove di kampus mereka. Di sebuah acara bertajuk Mangrove Music Charity (MMC) 2011, kami telah menularkan ilmu mangrove kami kepada kurang lebih seratus mahasiswi (lihat gambar di samping), calon bidan profesional, yang bertujuan untuk memperluas penyebaran informasi dan pengetahuan mangrove kami kepada masyarakat.

Anda mungkin bertanya, apakah hubungan mangrove dengan bidan? Jangan salah, tak hanya berfungsi ekologis sebagai penghalang tsunami, tempat memijah, membesarkan anak dan pola pengasuhan fauna saja, lebih dari itu, beberapa spesies mangrove juga bisa dimanfaatkan di bidang kesehatan.

Walaupun masih dalam taraf pengembangan, namun penelitian mengenai kemampuan berbagai jenis mangrove dan asosiasinya dalam menghambat sel kanker, mencegah epidemi malaria, menyembuhkan luka gigitan ular, menghalau nyamuk dan lain sebagainya, adalah fakta menarik mengenai manfaat mangrove di bidang kesehatan yang kiranya berhubungan erat dengan kurikulum yang ada di AKBID. Untuk itulah, maka kami merasa perlu untuk menyosialisasikan mangrove kepada para calon ibu bidan muda, ini.

Dan, memang benar, antusiasme mereka setelah presentasi mangrove selesai kami sajikan, sungguh luar biasa. Berbagai pertanyaan mengenai konsep rehabilitasi, jenis mangrove untuk bahan obat, pemanasan global, dan lain-lain, tak hentinya terlontar dari para mahasiswi AKBID ini.

al ini, membuat kami bangga. Semoga saja, usaha kecil kami untuk terus berjuang dalam mengkampanyekan mangrove di segala lapisan masyarakat akan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di kemudian hari, untuk menyambut masa depan bumi yang lebih cerah. Amin. Semangat MANGROVER!