5.5.11

Serunya Proses Pelatihan Pembibitan Mangrove Cultivation 2011 di MECoK

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 30 April 2011, mulai pukul 15.30 WIB – 16.30 WIB, para Peserta Mangrove Cultivation (MC) 2011 telah melakukan praktek pembibitan berbagai jenis buah mangrove di MECoK, secara langsung. Praktek pembibitan mangrove ini, dilaksanakan setelah materi ruangan disampaikan oleh para Konsultan Mangrove KeSEMaT. Dalam kesempatan ini, praktek pembibitan mangrove dipandu oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kuniawan (MENPORSI). Para Peserta MC 2011 yang berasal dari dalam dan luar negeri, berkesempatan membibitkan mangrove dari jenis buah mangrove Rhizoporaceae, seperti Ceriops, Rhizophora dan Bruguiera.

Para Trainer Mangrove dari KeSEMaT menjelaskan secara detail mengenai cara penancapan propagul mangrove dari ketiga jenis tersebut ke polybag, dan bagaimana pula perlakuan yang harus dilakukan, setelah buah mangrove disemaikan. Keseluruhan acara dipusatkan di sebuah bedeng persemaian bibit mangrove KeSEMaT, yang terletak di salah satu titik di MECoK.

Para peserta pelatihan mangrove nampak begitu antusias dalam mengikuti pelatihan praktek pembibitan mangrove ini, terbukti pada saat sesi tanya jawab, banyak pertanyaan yang dilontarkan. Tak hanya itu, peserta juga nampak bersemangat dalam melakukan penyulaman mangrove, yang dilakukan di sisi kanan dan kiri MECoK. Keseluruhan acara berlangsung lancar yang dilanjutkan dengan Prosesi Perang Lumpur.