5.5.11

Meriahnya Pelatihan Penyulaman Mangrove Cultivation 2011!

Teluk Awur – KeSEMaTBLOG. Dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para peserta Mangrove Cultivation (MC) 2011 mengenai teknik rehabilitasi mangrove yang baik dan benar, terutama pada tahap penyulamannya, maka pada tanggal 1 Mei 2011, mulai pukul 07.00 WIB – 08.00 WIB, panitia MC 2011 telah mengadakan pelatihan penyulaman dan pemeliharaan mangrove dengan cara mengajak para peserta MC 2011 ke sebuah titik di MECoK untuk membuat saluran air, secara bersama-sama.

Dalam kesempatan ini, kegiatan yang dipimpin langsung oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (MENPORSI) ini, juga telah menjelaskan mengenai pentingnya tahap pemeliharaan mangrove, yang salah satunya bisa dilakukan dengan cara menjaga saluran air, sehubungan dengan banyaknya kasus gagal tanam, karena tersumbatnya saluran air sehingga sirkulasi air tidak terjadi.

Tak hanya membuat saluran air saja, para KeSEMaTER juga menjelaskan mengenai kegiatan lainnya yang umum dilakukan dalam tahap penyulaman mangrove, seperti mengganti bibit mangrove yang mati dengan yang baru, membersihkan sampah di sekitar lokasi penanaman, membersihkan hama seperti gulma dan plastik, melakukan penjarangan tanaman, dan lain-lain.


Kegiatan ini dikonsep dengan serius tapi tetap santai, dengan cara menyelipkan outbond di sela-sela acara, untuk lebih merekatkan hubungan antara satu peserta MC 2011 dengan para peserta MC 2011, lainnya. Keseluruhan acara ditutup dengan foto bersama.