16.5.19

Punya Ikon Baru, Inilah Zaky dan Soy, DUMATRA dan DUMATRI 2019 KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tahun ini, Departemen Pengembangan Organisasi (DEPORSI) kembali menggelar program Wawancara, Pemilihan dan Pemotretan Duta Mangrove KeSEMaT Putra (DUMATRA) dan Duta Mangrove KeSEMaT Putri (DUMATRI) 2019. Kegiatan ini dilakukan, sebagai salah satu upaya KeSEMaT dalam mencari sosok KeSEMaTER inspiratif yang berfungsi sebagai ikon sekaligus influencer dari KeSEMaT dalam rangka implementasi visi dan misinya mengkampanyekan pelestarian ekosistem mangrove di Indonesia.

Sdr. Raditya R. Ananta (MENPORSI) mengatakan bahwa pada tahun 2019 ini, terdapat tiga pasang calon DUMATRA dan DUMATRI yang berhasil lolos seleksi ke beberapa tahapan yang telah ditentukan dan telah menjalani serangkaian tes pada tanggal 12 Maret 2019, bertempat di Resto Deqiko, Semarang.

DUMATRA dan DUMATRI baru akan menggantikan DUMATRA dan DUMATRI sebelumnya, yaitu Sdr. Ilham Kuncahyo (Presiden) dan Sdri. Navila B. Alviandini (AMaT) yang sudah purna tugas.

“Tahun ini, kami dari DEPORSI sudah menggelar serangkaian tes untuk DUMATRA dan DUMATRI yang bertujuan untuk mencari talenta baru, sesuai dengan SOP yang telah ditentukan," jelas Sdr. Raditya. "Dalam pencarian ikon KeSEMaT ini, kami mempertimbangkan berbagai aspek sehingga kami berharap hasilnya akan bisa optimal," tambahnya.

Selain Sdr. Raditya, pada sesi wawancara, para calon DUMATRA dan DUMATRI juga diuji oleh dua orang dewan juri lainnya, yaitu Sdr. Ilham dan Sdr. Ganis Riyan Efendi (Pemred MANGROVEMAGZ).

Jalani Rangkaian Tahapan Tes
“Mereka diharuskan menjawab beberapa pertanyaan yang sudah disiapkan oleh dewan juri. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencakup Pengetahuan tentang Organisasi KeSEMaT, Pengetahuan Mangrove, Kemampuan Berbahasa, Public Speaking dan lain-lain," jelas Presiden.

Sdr. Ganis menambahkan bahwa pihaknya selaku koordinator pencarian talent web seri MIL The Series (MILTS) mencari sosok yang mampu beradaptasi dengan kamera dan tim, selain juga harus cakap dalam berakting sesuai dengan naskah yang telah ditulis oleh tim MILTS.

"Salah satu tugas DUMATRA dan DUMATRI adalah melakukan road show pengajaran mangrove ke sekolah-sekolah. Untuk itu, tes kemampuan mereka sebagai seorang guru diperlukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam menyampaikan kampanye mangrove dengan bahasa yang sederhana, yang dimengerti oleh anak-anak,” terang Presiden.

Para calon mengikuti serangkaian Tes Wawancara, Pemilihan dan Pemotretan DUMATRA dan DUMATRI dengan baik dan antusias.

"Tes Pemotretan dibutuhkan untuk melihat kemampuan mereka di depan kamera. Foto-foto DUMATRA dan DUMATRI juga akan menjadi kover di setiap media sosial KeSEMaT dan juga dignakan untuk keperluan kampanye KeSEMaT lainnya," kata MENPORSI.

DUMATRA dan DUMATRI 2019 Terpilih
Pengumuman DUMATRA dan DUMATRI 2019 terpilih dilaksanakan pada saat program KeSEMaTINAUGURATION (KI) 2019: Syukuran dan Pelantikan Kabinet Kinetika 2019 yang berlangsung pada tanggal 21 Maret 2019 di Vina House, Semarang. Pengumuman disampaikan secara langsung oleh MENPORSI.

"Setelah melalui beberapa tahapan dan berbagai pertimbangan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan, maka DUMATRA dan DUMATRI 2019 KeSEMaT adalah Sdr. Muhammad Zaky Afkar Al Hazmi (MENWIRA) dan Sdri. Annisa A. Suparyadi (MENKOMSI)," kata MENPORSI.

Dihadapan para tamu undangan yang hadir, yang terdiri dari alumni, afiliasi, mitra kerja dan kolega KeSEMaT, MENPORSI berharap agar mereka berdua dapat menunaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, selama masa bakti satu tahun kedepan.

“Kami berdua mengucapkan banyak terima kasih dan mohon dukungannya agar kami dapat menjalankan amanah ini dengan baik. Ini adalah langkah yang baik bagi kami untuk mengkampanyekan mangrove secara lebih luas lagi,” kata Sdr. Zaky pada sambutan perdananya, setelah terpilih.

Sebagai informasi, DUMATRA 2019 merupakan mahasiswa Ilmu Kelautan 2017 yang berasal dari Kebumen dan DUMATRI 2019 terpilih adalah mahasiswa Ilmu Kelautan 2017 yang berasal dari Palembang.

"Keduanya berasal dari daerah yang memiliki kawasan mangrove berbeda. Cara pengelolaan mangrove di Kebumen dan Palembang pastinya juga berbeda. Nah, mereka berdua bisa menginformasikannya kepada publik, pada saat mengemban tugasnya nanti," tutur Presiden.

Pemotretan DUMATRA dan DUMATRI 2019
Setelah terpilih, DUMATRA dan DUMATRI 2019 menjalani proses pemotretan di beberapa lokasi wisata di Semarang. Hasil foto-foto mereka akan dipublikasikan di media sosial KeSEMaT sebagai ajang kampanye Mangrove Is Lifestyle.


"DUMATRA dan DUMATRI 2019, hari ini akan melaksanakan pemotretan di beberapa tempat yang ada di Semarang. Hari sebelumnya, tim dari DEPORSI juga sudah melakukan fitting baju dan latihan pose gaya di kantor. Hal ini, bertujuan untuk menumbuhkan chemistry diantara keduanya," kata Sdr. Paspha Ghaishidra Muhammad Putra (Staf MENPORSI).

Konsep pemotretan tahun ini adalah Vintage, Casual dan Sporty. Pemotretan dilakukan di Maerokoco, Brown Canyon dan salah satu cafe di Semarang.

"Alhamdulillah, sesi pemotretan hari ini berjalan dengan lancar. Hasil dari pemotretan ini akan segera dipublikasikan. Diharapakan kampanye yang disampaikan dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat luas, bahwasanya mangrove dapat dijadikan sebagai sebuah gaya hidup" kata DUMATRI 2019 yang akrab dipanggil Soy, ini. "Sesi pemotretan diakhiri dengan foto bersama. Oh, ya. Hasil pemotretan ini juga akan digunakan untuk MILTS Season 5. Tungguin, ya," pungkasnya. (ADM/RRA/AP).

No comments:

Post a Comment