28.10.11

KeSEMaT dan Planete Urgence Perancis Jajaki Kerjasama Pengelolaan Mangrove di Indonesia

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 27 Oktober 2011, mulia pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo (IKAMaT), Bapak Sapto Pamungkas (IKAMaT), Bapak Dhira K. S. (IKAMaT) dan Sdr. Fuad Ashari (Presiden) telah bertemu dengan Mr. Fabien Garnier selaku Project Manager and International Representative of Planete Urgence (PU) in Indonesia di Hotel Quest, Semarang.

PU adalah sebuah institusi lingkungan asal Perancis yang juga memiliki bidang kajian mengenai pengelolaan mangrove di beberapa negara, tak terkecuali di Indonesia. Pertemuan ini bertujuan untuk menjajaki kerjasama pengelolaan mangrove di Indonesia antara KeSEMaT dengan PU.

Dalam kesempatan ini, telah terjadi pertukaran informasi mengenai program kerja dari masing-masing institusi. PU memberikan informasi mengenai area kerja dan program-program rehabilitasi mangrove yang sudah dan sedang dikerjakan oleh mereka di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Selain itu, Mr. Garnier juga memberikan pandangannya mengenai konsep silvofishery, perdagangan karbon dan beberapa informasi lainnya. Sementara itu, KeSEMaT menerangkan mengenai hasil-hasil program konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi yang telah dikerjakannya selama sepuluh tahun terakhir di Indonesia, yang ternyata sedikit banyak telah diketahui oleh Mr. Garnier.

Hasil dari pertemuan ini adalah sebuah wacana-kerjasama yang lebih intensif di masa datang, untuk mencoba membantu pemerintah Indonesia dalam membangun kembali kawasan pesisir dan mangrovenya.