17.10.11

Perayaan 9 10 11 di Kantor KeSEMaT

Semarang – KeSEMaTBLOG. Beberapa kali, di Jaringan KeSEMaTONLINE, muncul pertanyaan, apakah arti 9 10 11. Arti dari 9 10 11 adalah hari lahir kami, dimana tiga angka ini merupakan simbolisasi dari sepuluh tahun perjalanan kami membangun kembali mangrove Indonesia. 9 Oktober 2011, sepuluh tahun yang lalu di sebuah desa kecil, yaitu di Teluk Awur Jepara, kami lahir. Di kamar dan teras asrama mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, kami mengonsep dan mendeklarasikan sebuah organisasi khusus mangrove dengan tujuan untuk membantu nasib mangrove di bumi Indonesia, yang saat itu, pengetahuan dan informasi tentangnya bagaikan hilang ditelan bumi.

Perjuangan panjang, dalam mempertahankan eksistensi KeSEMaT serasa begitu berat apalagi di awal perkembangannya. Saat itu, banyak yang skeptis dan mengkritisi keberadaan kami yang pada akhirnya justru bisa melecut semangat kami untuk bisa membawa KeSEMaT ke jenjang optimalnya di tahun 2011 ini. Pencapaian KeSEMaT yang begitu membanggakan di usianya yang kesepuluh, tentu saja tak lepas dari kucuran keringat dan tetesan darah dan air mata perjuangan dari para KeSEMaTER mulai dari angkatan pertama sampai dengan sekarang, yang telah begitu gigih berjuang membesarkannya hingga nama KeSEMaT mendunia.

Dengan semangat apresiasi kepada KeSEMaT dan KeSEMaTER inilah, maka pada 9 10 11, 9 Oktober 2011, kami merayakannya kembali. Kami memberikan penghargaan tertinggi dengan menyelenggarakan acara sederhana bertema “I Love KeSEMaT : Tribute To KeSEMaT”. Kami memulai acara dengan membakar ikan secara bersama, memberikan testimonial berupa sambutan langsung sembari merekam jejak langkah para pendahulu kami yang begitu luar biasanya telah membangun KeSEMaT dan mangrove di Indonesia dengan totalitasnya yang tinggi.

Di puncak acara, kami meniup lilin, menyanyikan lagu kebanggaan kami Mars KeSEMaT, dan berdoa bersama demi keberlangsungan organisasi mangrove yang begitu kami cintai ini, di masa datang. Selamat Ulang Tahun Kesepuluh KeSEMaT. Semangat MANGROVER!