5.10.11

Rame-rame Pelihara Mangrove, yuk!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Foto di samping ini adalah foto para KeSEMaTER dan KeMANGTEER Semarang, bersama dengan warga pesisir Tapak Semarang, pada saat melakukan pemeliharaan mangrove di sekitar pematang tambak warga pesisir Tapak. Pemeliharaan mangrove ini, bertujuan untuk menghijaukan kembali area pertambakan warga yang gersang sehingga mengalami degradasi kualitas lingkungan.

Program pemeliharaan mangrove sangat penting, bahkan menjadi bagian paling menentukan dalam menjaga kelulushidupan mangrove yang telah ditanam. Sayangnya, pemeliharaan mangrove masih tidak populer dan sering tidak dijalankan oleh panitia penyelanggara program rehabilitasi mangrove. Program rehabilitasi mangrove, lebih mengedepankan jargon penanaman mangrove dengan menyertakan jumlah nominalnya saja, tanpa ada embel-embel kata pemeliharaan. Sungguh, sebuah program seremonial yang tidak membanggakan.

Tidak dijalankankannya program pemeliharaan mangrove menjadi sebuah penyebab gagalnya program rehabilitasi mangrove di Indonesia. Untuk itu, marilah mulai dari sekarang kita budayakan kegiatan pemeliharaan mangrove. Rame-rame pelihara mangrove, yuk! Semangat MANGROVER!