17.10.11

Titin Nurusholah, Mahasiswi Perikanan UNDIP, Jawara KeSEMaTCOMPETITION 2011!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Titin Nurusholah (Titin), mahasiswi Perikanan Universitas Diponegoro (UNDIP), kali ini dinobatkan sebagai Jawara KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2011! Selama pelaksanaan tiga kali KC, baru kali ini, seorang mahasiswi Perikanan UNDIP berhasil menyabet gelar bergengsi tersebut. Walaupun hanya menempati Juara II, sehubungan dengan belum ada peserta KC 2011 yang memenuhi standariasi Dewan Juri sebagai juara pertama, namun prestasi mahasiswi asal Wonogiri ini pantas dibanggakan. Dia berhasil menyingkirkan puluhan peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

Banyak pertanyaan yang disampaikan kepada KeSEMaT apa yang membuat artikel mangrove Titin yang berjudul Lestari Hutan Mangroveku, Sukses Tambakku spesial (?). Gadis kelahiran 1989 ini mampu mendeskripsikan dengan baik, bahwa usaha pertambakan yang ada di Indonesia, tidak seharusnya merusak lahan mangrove. Konsep silvofishery, yaitu penggabungan antara tambak dan mangrove dengan teknik yang baik dan benar, akan mampu menciptakan keselarasan pembangunan mangrove di pesisir-pesisir Indonesia. Hal ini, sejalan juga dengan pemikiran dan konsep Mangrove Safe yang saat ini sedang dikampanyekan oleh KeSEMaT.

Dalam sambutannya yang disampaikan di saat Perayaan Satu Dasawarsa KeSEMaT di Kampus Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP (15/10), Titin menyampaikan bahwa sudah sejak lama dia memendam keinginan untuk menjadi pemenang KC. Dan, pada akhirnya, setelah sempat khawatir “ditolak” oleh Panitia KC 2011 karena naskahnya baru dikirimkan menjelang akhir penutupan KC 2011, maka di tahun 2011 ini, impiannya menjadi kenyataan. Keluarga Besar KeSEMaT mengucapkan selamat kepada Titin, semoga bisa menjadi inspirasi bagi anak muda Indonesia lainnya.