21.10.11

Reportase Jambore Mangrove Nasional Program Ayo Tanam Mangrove di Mangunharjo, Semarang

Mangunharjo – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 18 – 19 Oktober, bertempat di kawasan mangrove Mangunharjo – Semarang, telah diselenggarakan program nasional Ayo Tanam Mangrove (ATM), yang didalamnya terdiri dari puluhan rangkaian kegiatan, salah satunya Jambore Mangrove Nasional. Acara yang dipersembahkan oleh Mangrove For The Future (MFF) Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Kehutanan (KEMHUT), Kementerian Dalam Negeri (KEMDAGRI), United Nations Development Program (UNDP) Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, KeSEMaT dan Biota Foundation ini dihadiri oleh ratusan stakeholder mangrove di Jawa Tengah.

Acara dimulai pada tanggal 18 Oktober 2011 dengan Jambore Mangrove Nasional yang diikuti oleh para pelajar, mahasiswa dan kelompok masyarakat seperti racana, kelompok pecinta alam mahasiswa, saka bahari dan lain-lain yang berasal dari Semarang, Pekalongan, Demak, Kudus, Jepara dan kota lainnya. Malam harinya, acara diisi dengan berbagai permainan, lomba, diskusi mangrove, lomba cerdas cermat mangrove dan lain-lain dengan pembicara dan juri dari KKP, LIPI, Universitas Diponegoro, Racana, KeSEMaT dan Biota Foundation.

Pada tanggal 19 Oktober 2011, acara dimulai dengan bersih diri, penanaman kurang lebih 4000 bibit mangrove oleh peserta ATM dan seremonial penanaman mangrove yang dilakukan oleh para stakeholder mangrove, mulai dari kementerian, provinsi, kota hingga kelompok masyarakat. Acara dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Semarang yang dilanjutkan dengan pembagian hadiah berbagai lomba yang diserahkan langsung oleh MFF Indonesia dan KKP.

Dalam kesempatan ini, juga dibagikan kartu nelayan, pemberian dana bantuan dari pemerintah ke warga pesisir dan acara lainnya. Keseluruhan acara ATM yang difasilitasi oleh Biota Foundation ini berjalan dengan baik, yang akan dilanjutkan dengan program pemeliharaan mangrove untuk mengoptimalkan kelulushidupan mangrove yang telah ditanam.