9.10.11

KeSEMaT di Ekspo Dies Natalis ke-54 Universitas Diponegoro

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 - 6 Oktober 2011 telah diadakan ekspo Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) untuk memperingati hari jadi Universitas Diponegoro (UNDIP) yang ke-54. KeSEMaT bersama rekan – rekan 12 UKK dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yang terpilih lainnya, berkesempatan untuk mengisi stan yang bertempat di halaman Gedung Prof. Soedharto. Stan seluas 2,5 m x 3 m menjadi tempat bagi KeSEMaT untuk memperkenalkan UKK-nya yang baru saja menginjak usia 10 tahun pada tanggal 9 Oktober 2011 ini.

Pembuatan dekorasi dilakukan pada malam hari sebelum hari H, dengan barang – barang sederhana namun tetap menampakan image KeSEMaT sebagai sebuah kelompok studi ekosistem mangrove. Di sana diperlihatkan beberapa sampel bibit dan propagul mangrove jenis Rhizophora dan Avicennia. Terdapat pula foto – foto kegiatan, buku – buku produksi KeSEMaT dan kaos – kaos KeSEMaTOKO.

Ekspo UKK dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan acara pembukaan yang dilakukan di dalam gedung pertemuan Prof. Soedharto, dan dihadiri oleh pejabat – pejabat UNDIP. Setelah acara pembukaan selesai, rektor UNDIP ditemani dengan dekan FPIK, berkeliling melihat stan – stan mahasiswa, dan sponsor. Mahasiswa – mahasiswa UNDIP lainnya pun ikut meramaikan acara Dies Natalis UNDIP ini dengan datang ke stan KeSEMaT. KeSEMaTER yang bertugas jaga, menjelaskan kepada para tamu tentang KeSEMaT, kegiatan – kegiatannya, serta mangrove itu sendiri.

Tanggapan para mahasiswa cukup bagus. Banyak yang masih belum mengenal mangrove, namun banyak juga yang sudah pernah mengikuti acara penanaman mangrove, seperti Ayo Tanam Mangrove (ATM), program nasional Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta, yang juga bekerjasama dengan KeSEMaT. Ekspo berlangsung selama 2 hari dan KeSEMaT berhasil lebih mempopulerkan mangrove kepada para pengunjung pameran.