3.10.11

KeSEMaT, KeMANGTEER dan Prentjak Tanam dan Pelihara 1500 Mangrove di Tapak, Semarang

Tapak - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 2 Oktober 2011, KeSEMaT dan KeMANGTEER Semarang yang dibantu oleh Komunitas Prentjak Tapak, telah menanam dan akan memelihara kurang lebih 1500 bibit mangrove jenis Avicennia, di dusun Tapak, Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penghijauan di sekitar pematang tambak warga pesisir di Tapak, agar fungsi ekologi ekosistem mangrove dan lingkungan pesisir di Tapak bisa bertambah asri dan kembali bisa berjalan optimal.

Acara yang dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB ini, dimulai dengan sambutan-sambutan dari perwakilan KeSEMaT dan Prentjak, yang kemudian diikuti dengan penyampaian materi teknik pembibitan mangrove dari KeSEMaT yang disampaikan oleh Sdr. Kamto Wahyono (staf DEPDIKTAN).

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove jenis Avicennia secara serempak di sekitar pematang tambak. Bibit didistribusikan dengan menggunakan perahu agar bisa tertanam dan terdistribusi dengan baik. Setelah semua bibit Avicennia tertanam dengan baik, acara penanaman dan pemeliharaan mangrove yang diikuti oleh kurang lebih 30 orang peserta yang terdiri dari para mahasiswa dan warga pesisir Tapak ini, akan dilanjutkan kembali pada tanggal 16 Oktober 2011 mendatang, dengan kegiatan penyulaman mangrove yang bertujuan untuk memantau kelulushidupan mangrove yang telah ditanam.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari program Mangrove REpLaNT KeSEMaT yang bekerjasama dengan Climate Smart Leader Jakarta, dengan dukungan dari Prentjak dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.