2.6.18

Gelar Mangrove Restoration 2018, KeSEMaT Tanam 2000 Mangrove di Mangunharjo

Semarang - KeSEMaTBLOG. Setelah semua peserta selesai melaksanakan Kampanye Simpatik Mangrove Restoration (MANGRES) 2018: Mangrove Olympic di Car Free Day Simpang Lima, Semarang pada tanggal 22 April 2018 yang lalu, semua peserta kembali melaksanakan rangkaian kegiatan MANGRES 2018, yaitu Penanaman Mangrove di daerah Mangkang Wetan - Mangunharjo, Semarang.

Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan acara puncak dari MANGRES 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 28 April 2018. Kegiatan diikuti oleh puluhan peserta MANGRES 2018 dan para siswa/i dari SDN Mangkang Wetan 1, juga warga setempat.

"Menanam mangrove itu seru. Saya sama saja ikut melestarikan ekosistem mangrove secara langsung,” jelas Sdr. Satrio, salah satu peserta MANGRES 2018.

“Penanamannya rame, seru, asyik, walaupun kepanasan tapi tetap semangat. Semoga kedepannya hutan mangrove kita bisa terus lestari,” jelas Sdr. Raditya Rizky A. (staf MENDIKTAN) yang ditemui setelah selesai penanaman. “Walaupun berkeringat, kegiatan penanaman hari ini kami lalui dengan semangat. Kegiatan penanaman ini juga menjadi ajang bagi kami untuk terus menyuarakan pelestarian mangrove,” tambahnya.

Dengan tujuan untuk mencegah abrasi dan menyelamatkan kawasan pesisir di Semarang, di hari itu, telah ditanam 2000 bibit mangrove di Desa Mangunharjo, Mangkang Wetan, Semarang secara bertahap yang mengikutsertakan warga sekitar dalam program pemeliharaan bibitnya, setelah dilakukan penanaman.

"Acara penanaman berjalan dengan baik dan lancar yang diawali dengan sambutan-sambutan, penjelasan teknis cara penanaman, penanaman, hiburan dari KeSEMaTUSTIK, kesan pesan dan penutup," terang Sdr. Bachtiar Eka B. (MENPORSI).

Kegiatan ini, diantaranya didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Biro Infrastruktur dan SDA Jawa Tengah dan PT PLN, dengan media partner dari Eventsclick, MANGROVEMAGZ, Proalma FM dan lain-lain.

"Kami menanam 2000 bibit mangrove jenis Bakau atau Rhizophora yang akan kami lanjutkan dengan program pemeliharaan, monitoring dan evaluasi untuk menjaga kelulushidupannya agar tetap tinggi," terang Sdr. Bayu Krisna Y. (SA MENPORSI), selaku Ketua MANGRES 2018. "Setelah ini, masih ada Awarding Night MANGRES 2018 yang akan menghadirkan Guest Star Kak Rohmat selaku CEO Kuslar Kreatif dan Kak Aulia selaku Mawapres FPIK UNDIP 2018, serta menghadirkan KeSEMaTUSTIK, yang pastinya bakal makin meriah," pungkasnya. (HMK/ADM).

No comments:

Post a Comment